Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Jejak Imani Umroh Landing Madinah : Hemat perjalanan darat 7-8 Jam dari Jeddah - Madinah

Jejak Imani Umroh Landing Madinah : Hemat perjalanan darat 7-8 Jam dari Jeddah - Madinah
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Jejak Imani Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Potensi Gempa Bumi mencapai 6,7 MMI, Kota Tangsel Siap Hadapinya

Potensi Gempa Bumi mencapai 6,7 MMI



CIPUTAT-Badan Penanggualangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel siap menghadapi bencana baik gempa, banjir, longsor dan kekeringan. Demikian diungkapkan Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangsel, Chaerudin pada acara seminar kebencanaan di Balaikota, Ciputat, kemarin.
Seminar bertema ‘Menerawang Potensi Bencana Kegempaan di Tangsel’ itu digagas Pemkot dan Forum Kemanusiaan Tangsel. Sebanyak 300 pesera terdiri dari para pelajar dan masyarakat dengan seksama mengikuti kegiatan tersebut.
Chaeudin menyampaikan, gempa sulit diprediksi, untuk itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada. Berbagai kejadian di daerah harus menjadi bahan pelajaran untuk selalu siap jika sewaktu-waktu menghadapi bencana.
“Kami selalu siap karena tugas kami melakukan evakuasi dan mitigasi bencana. Bagaimana masyarakat selamat dari bencana gempa, banjir dan lain-lain salah satunya diberikan pengetahun seperti ini,” katanya.
Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono menjelaskan, dari sisi teknologi bahwa prediksi adanya potensi Megathrust Magnitudo 8.7 adanya di laut Selatan Jawa, sehingga kalaupun terjadi, maka dampaknya di Tangsel 6,7 modified mercalli intensity (MMI). “Menyebabkan banyak rumah roboh,” terangnya saat menjadi narasumber.
Maka secara garis besar, gempa berpotensi terjadi dampak di Tangsel sehingga memang perlu ada sosialiasi untuk mitigasi resiko, karena di sampingnya risiko gempa premier ada bahanya sekunder.
Bahaya sekunder meliputi kepanikan keluar rumah, karena ada gempa tidak sempat mematikan kompor gas menyebabkan terjadi kebakaran. Kepanikan menerjang seperti ini yang harus disampaikan kepada masyarakat supaya tetap tenang saat ada gempa dan harus berdoa jangan tidak terjadi gempa.
Pembina Forum Kemanusiaan Tangsel, Arif Wahyudi meminta kepada Pemkot Tangsel membantu sebagai bentuk sodakoh dari mayarayarakat untuk korban gempa. Ini telah dilakukan semua begitu semangat. Sementara pemulihan pasca gempa itu membutuhkan waktu bertahun-tahun.(din)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Potensi Gempa Bumi mencapai 6,7 MMI, Kota Tangsel Siap Hadapinya"

Posting Komentar