Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Wartawan Banten Siap Perangi Hoax

Ilustrasi Net



Wartawan Banten Siap Perangi Hoax


SERANG – Puluhan wartawan dari berbagai media cetak, online dan elektronik yang bertugas di Provinsi Banten menggelar Deklarasi Anti Hoax, Kamis (16/2). Pembacaan deklarasi yang diikuti penandatanganan naskah Deklarasi Anti Hoax dilangsungkan di Sekretariat Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Harian Cetak dan Elektronik Provinsi Banten, Curug, Kota Serang.
Hadir pada kesempatan itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Provinsi Banten, Komari bersama pejabat eselon III di dinas tersebut, Yudo.
Ketua Pokja Wartawan Harian Cetak dan Elektronik Provinsi Banten Royani mengatakan, fenomena berita hoax saat ini telah mengikis kepercayaan publik terhadap media. Sebagai tanggungjawab moral, wartawan harus berperan aktif dalam meluruskan berbagai informasi yang terjadi.
“Informasi hoax banyak bertebaran di media sosial, tetapi dampaknya telah membuat masyarakat menjadi resah. Karena itu pada hari ini, kami atas nama wartawan yang bertugas di Banten bersama-sama mendeklarasikan diri untuk melawan segala informasi yang mengandung kebohongan, fitnah dan tidak sesuai dengan kaidah dan etika jurnalistik,” ujar Royani.
Terdapat empat point dalam naskah deklarasi yang dibacakan secara bersama-sama oleh para wartawan tersebut. Point pertama berisi komitmen para wartawan yang bertugas di Provinsi Banten untuk selalu menyuarakan kebenaran dan melawan berbagai bentuk berita yang berbau fitnah, kebohongan atau hoax.
Selanjutnya, para wartawan juga sepakat berperan aktif dalam memerangi hoax, serta mendorong pemerintahan di Provinsi Banten untuk terlibat aktif dalam mengkampanyekan gerakan anti hoax.
Point ketiga, mengajak serta masyarakat Banten untuk memanfaatkan media sosial secara positif, serta bersama-sama melawan berbagai informasi yang menyesatkan.
Sedangkan point terakhir, berisi ajakan kepada para netizen di Banten untuk menjadi netizen yang cerdas, mengedukasi masyarakat lainnya dengan menyampaikan berbagai informasi yang benar, dan tidak menjadi bagian penyebar hoax.
Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Provinsi Banten, Komari mengatakan, berita hoax saat ini menjadi fenomena yang mendapat perhatian serius dari pemerintah. Menurutnya, perlu peran serta seluruh pihak untuk mengatasi hal tersebut. Bahkan fenomena berita hoax sampai menjadi perhatian serius Presiden RI.
Karena itu, pihaknya menyambut positif gerakan anti hoax yang digelar para wartawan tersebut. “Kegiatan ini sangat positif. Karena wartawan memiliki peran besar besar untuk menyikapi maraknya hoax ini,” ujarnya.
Dewan Penasehat Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Provinsi Banten, Adam Adhariyudin menegaskan, wartawan yang setiap hari menyampaikan berbagai informasi kepada masyarakat, harus memerankan fungsinya secara baik. Ada empat fungsi pers yang harus selalu menjadi pegangan, yakni sebagai fungsi informasi, edukasi, hiburan dan kontrol sosial.
“Sebagai fungsi informasi, media harus menjadi referensi masyarakat. Tentu saja informasi yang disampaikan harus berupa fakta dan kebenaran. Pers harus mengedukasi masyarakat, dan menjadi bagian kontrol.
Saya sangat sepakat, jika wartawan membuat gerakan bersama memerangi hoax,” ujar Adam yang juga sebagai Pemimpin Redaksi Harian Banten Pos tersebut.(RUL/RIU)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wartawan Banten Siap Perangi Hoax"

Posting Komentar