Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Pegawai Pemkot Wajib Miliki Rekening BJB

Ilustrasi net
Pegawai Pemkot Wajib Miliki Rekening BJB

Iklan Tangsel Pos


CIPUTAT– Sekira seratus Tenaga Kerja Sukarela membuat rekening Bank Jabar Banten (BJB) di lantai dasar Balaikota, Ciputat, Kamis (9/2). Rekening Bank BJB tersebur untuk mempermudah pencairan gaji yang sebelumnya dilakukan cara konvesional.
Satu dari dua petugas Bank BJB yang melayani pembuatan rekening, Wahyudi menuturkan, sejak pagi hari hingga sore pukul 15.00 WIB akhirnya selesai dengan jumlah sekitar seratus orang. Mereka sebut Wahyudi membuka rekening Bank BJB untuk pendistribusian gaji setiap bulan.
“Hari ini (kemarin, red) sudah selesai berjumlah kurang lebih seratus orang. Mereka membuat rekening baru ada juga pemindah bukuan dari bank lain,” katanya.
Diketahui, hal itu seiring dengan kebijakan di Pemkot Tangsel yang mengharuskan memiliki rekening Bank BJB dalam penyaluran gaji TKS di Tangsel. Penyaluran gaji nantinya tak lagi melalui bendahara Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), tetapi langsung ditransfer. Selain menyingkat waktu, cara ini dinilai jauh lebih aman.
Umbul Umbul Sablon
“Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan untuk itu, maka melalui rekening. Mekanismenya ditrasnfer dari Bank BJB kepada semua rekening pegawai,” tambahnya.
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Tangsel, Warman Syanudin menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan di Balaikota itu bagi pegawai yang belum memiliki rekening Bank BJB. Tahun 2016 belum semuanya, sedangkan tahun 2017 berdasarkan data sudah lengkap.
“Semua pegawai bagi PNS maupun non PNS buat rekening Bank BJB. Mereka yang memiliki bank di luar BJB langsung dibuatkan dengan pemindah bukuan dengan rekomendasi dari masing-masing bendahara SKPD terkait,” kata Warman.
Sebelumnya bagi TKS, pembayaran gaji secara cash dari bendahara masing-masing SKPD. Dengan menggunakan sistem konvensioal memiliki banyak risiko seperti bendahara harus mengambil uang di bank setiap mau membayar gaji pada setiap bulan dalam jumlah besar. Hal ini dalam perjalanannya sangat berbahaya, sehingga perlu ada sistem yang aman.
“Kalau sebelumnya gaji diberikan dengan cara langsung oleh bendahara. Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ketika bendahara harus mengambil uang di bank, maka melalui sistem rekening jauh lebih efektif dan aman,” tambahnya.
Proses pencairan, nantinya dari bendahara SKPD mengajukan permohonan kepada BPKAD terlebih dahulu yang selanjutnya kepada pihak bank. Pihak bank akan mencairkan ketika semua alur sudah dilalui sesuai dengan aturan yang ada.
Pasang Bongkar Baliho
“Nanti alurnya, dari bendahara SKPD mengajukan Surat Perintah Mencairkan (SPM) kepada BPKAD. Kepada BPKAD baru diproses dengan Surat Perintah Pembayaran Dana (SP2D) kepada bank. Bank lalu mencairkan kepada masing-masing pegawai. Selanjutnya, pegawai bisa langsung mengecek atau mengambil uangnya,” ia merinci.
Kebijakan ini sering dengan program walikota Tangsel dalam pemanfaatan teknologi untuk mempermudah aktivitas pelayanan masyarakat. (din)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pegawai Pemkot Wajib Miliki Rekening BJB"

Posting Komentar