Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Kemenag dan MUI Dukung Sertifikasi Penceramah

Kemenag dan MUI Dukung Sertifikasi Penceramah
Ilustrasi net
SERPONG-Wacana kementerian Agama mensertifikasi penceramah mendapat tanggapan positif di daerah. Gagasan ini selaras dengan kondisi sekarang agar tetap kondusif.
Kasi Bimbingan Islam, Kemenag Kota Tangsel Abdul Rojak mendukung penuh gagasan dikarenakan maraknya penceramah belum sepenuhnya memberikan pengayoman.
Sablon Kain


“Maka dari itu sangat tepat jika gagasan diwacanakan. Untuk mewujudkan gagasan itu harus didukung sepenuhnya,” kata Rojak.
Melalui sertifikasi, maka akan semakin jelas reputasi dan otoritas bagi penceramah. Dalam sertifikasi itu di antaranya latar belakang pendidikan dan tingkat keilmuannya akan diketahui, sehingga mampu meningkatkan kualitas bagi penceramah.
“Ini satu mekanisme yang harus ditempuh, seperti guru bersertifikat. Tujuan sertifikat untuk mengontrol seseorang kualified dalam bidang yang ditekuninya itu, sehingga jelas tingkat keilmuannya dapat diketahui,” tambahnya.
Namun yang harus dipikirkan untuk mewujudkan gagasan itu, diantaranya belum adanya regulasi untuk mengatur apa saja yang harus dilalui dalam tahapan sertifikasi. Selain itu, belum ada lembaga yang memiliki otoritas mengeluarkan sertifikat.
“Ada aturan hukum entah sifatnya undang-undang atau kepres atau apapun untuk memperkuat kebijakan itu. Kedua harus membentuk badan atau lembaga yang ditunjuk mengeluarkan sertifikat,” ucapnya.
Pasang Iklan
Jika nanti Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang dipercaya, maka MUI bekerja secara profesional yaitu dengan menyiapkan sumber daya manusia yang handal untuk menguji para pendakwah agar sesuai dengan ajaran Islam.
“Misalnya MUI yang ditunjuk sebagai otoritas lembaga sertifikasi dakwah maka harus mempelajari apa saja yang harus dilakukan dari regulasi yang ada,” imbuhnya.
Wacana sertifikasi penceramah bukan berarti untuk melarang seseorang berdakwah. Islam adalah agama penebar kebaikan, tetapi juga harus menyampaikannya dengan tuntunan dan ajaran hadis dan Al quran. Dalam Islam, sesuatu diserahkan kepada yang bukan ahli harus dihindari.
“Semua muslim dianjurkan menebar kebaikan walau satu ayat. Namun ini tidak berarti membatasi sertifikat ini untuk keluar, sebab pada bagian lain, muslim wajib bertanya kepada yang ahlinya, menguasainya dan memahaminya, termasuk jangan menyerahkan kepada yang bukan ahlinya,” imbuhnya.
Digital Printing
Ketua MUI Tangsel, KH Saidi mendukung penuh wacana itu dengan alasan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas bagi penceramah. Dengan sertifikat setidaknya mengetahui dasar-dasar keislaman yang kuat, luas dan membawa kemaslahatan bukan perusakan.
“Saya setuju sekali apabila Menteri Agama mewacanakan hal itu untuk meningkatkan kualitas. Secara garis besar, bukan menghalangi seseorang untuk berdakwah tapi lebih supaya tertib dan menjaga kedamaian dalam kemajemukan masyarakat,” tuturnya. (din)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kemenag dan MUI Dukung Sertifikasi Penceramah"

Posting Komentar