Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

DLH Antisipasi Pohon Tumbang

CIPUTAT– Dinas Lingkungan Hidupkan (DLH) Kota Tangerang Selatan siap merapikan pohon rimbun dan usia tua. Langkah tersebut sebagai bentuk antisipasi dan kewaspadaan terhadap ancaman pohon tumbang pada musim penghujan.
Sablon Spanduk Dan Umbul Umbul
Sekretaris DLH Tangsel Muqodas Syuhada menjelaskan, datangnya musim penghujan harus diantisipasi supaya masyarakat tetap aman terkait ancaman pohon tumbang yang tersebar di berbagai titik jalan. Tugas pemerintah harus mengamankan masyarakat agar dalam kondisi nyaman.

Biro Iklan Lokal Dan Nasional

“Kita akan lakukan perampingan pohon-pohon yang diperkirakan membahayakan, baik dari tingkat rerimbunan serta usia pohon menua,” katanya.
Pihaknya juga akan mengecek keberadaan papan reklame dan Jembatan Penyebrangan Orang. JPO dan reklame terdiri dari lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah (DKPD), tetapi untuk titik penentuan lokasi berada di bawah DKPP yang kini beralih ke DLH.
Sedangkan untuk pengecekan kualitas oleh bidang bangunan. Sementara untuk perijinan berada di BP2T yang kini menjadi Dinas Penanaman Modal Satu Pintu Terpadu (DPMSPT).
“Perlu juga mengecek reklame dan JPO, tapi itu ada beberapa dinas, mulai dari penempatan titik, perizinan sampai pengawasan fisik. Itu butuh keterlibatan antar SKPD,” tambahnya.
Ahlinya Cetak Baliho
Mantan Sekdis Tata Kota Bangunan dan Permukiman ini, akan mencetuskan gagasan baru untuk mempermudah sistem kerja. Sistim yang dirancang dengan aplikasi, sehingga warga dapat berpatisipasi ketika ada potensi pohon membahayakan di jalan yaitu seperti dengan cara mengirimkan foto sebagai data primer bagi petugas.
“Kami akan melakukan mapping titik-titik mana saja pohon berusia tua mana yang harus dilakukan pemangkasan dan perawatan. Dengan sistim mapping ini langsung terkoneksi dengan google mapp,” Muqodas merinci.
Sistim yang dihasilkan dari rancangan itu adalah peta hijau. Laskar lingkungan akan digerakan untuk mendata berapa banyak jumlah pohon dari masing-misang kecamatan, nama jalan dan luas wilayah.Pohon-pohon yang dipaku dan pohon yang ditempel stiker akan ditangani dengan baik.
“Dapat melibatkan mereka untuk mendata di masing-masing kecamatan. Program ini akan kami lauching pada Februari agar masyarkat mengetahui dan ikut berpartisipasi tentang ini,” sebutnya.
Dengan sistim dan aplikasi online ini pihaknya yakin kawasan Tangsel akan terawat dan terlindungi dari warga yang tidak peduli, termasuk dalam menjaga kebersihan baik di rumah sendiri dan tempat umum.
Jika komitmen ini terbangun, pasti akan asri dan hijau. “Kami sangat mengaharapkan kerjasama masyarakat dalam menjaga kawasan hijau akan sama-sama dapat menikmati kenyamaan dan keasrian kawasan,” harap Muqodas.
Sebelumnya, kabid Pelayanan dan Jasa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Ciputat, Udin Nasikudin mengingatkan musim hujan segera datang pada Februari nanti. Intensitas hujan meningkat pada pagi dan malam hari. Masyarakat perlu waspada, karena hujan bisa datang dengan angin puting beliung.
“Januari hingga Februari puncak hujan, jadi kemungkinan intens meningkat pengaruhnya hujan terjadi pada malam hari hingga dini hari sampai pagi hari,” kata Udin.
Dengan peningkatan intesitas curah hujan, maka warga perlu memperhatikan lingkungan sekitar khususnya daerah rawan banjir. “Soal banjir itu faktor lain, namun disiapkan kewaspadaan. Daerah rawan banjir jadi perlu mendapatkan perhatian khusus jangankan hujan besar hujan kecil saja dapat terjadi banjir,” terang Udin. (din)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DLH Antisipasi Pohon Tumbang"

Posting Komentar