Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Dinas Lingkungan Hidup Tingkatkan Partisipasi Pengelolaan Sampah

Dinas Lingkungan Hidup Tingkatkan Partisipasi 


Pengelolaan Sampah

Pasang Iklan




PAMULANG– Program penanganan sampah harus tidak parsial, tetapi secara kontinu. Di antara kesinambungan penanganan tersebut yaitu mewujudkan masyarakat hidup bersih dengan memberikan pelatihan agar terbiasa melakukan yang tidak biasa.
Ditegaskan Kabid Kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel, Yepi Suherman, tidak mudah dalam menangani sampah dengan waktu sekejap. Ini berkaitan dengan prilaku hidup sehat masyarakat secara umum, sehingga harus terus menerus.
“Ini berbicara tentang kebiasaan, tentang budaya tentang kepedulian. Peduli untuk diri sendiri, keluarga dan lingkungan cakupan paling besar untuk masyarakat secara luas. untuk mewujudkan kearah sana harus berjuang terus jangan sampai padam,” kata Yepi.
Pria jebolan Universitas Jendral Soedriman Purwokerto ini menyampaikan melalui perubahan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dulu Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) akhirnya dilebur dengan DLH. Yang dilebur hanya Bidang Kebersihan dan Pertamanan, dikatakan Yepi melalui peleburan ini dinilai akan memperkuat.
Sablon Umbul Umbul
“Aturan baru akan memperkuat dalam penanganan sampah. DLH terdapat empat bidang, wasdal, konservasi, kebersihan dan pertamanan semua menyangkut tentang lingkungan dan perilaku hidup bersih,” tambahnya.
Bidang Kebersihan memiliki program lima tahun kedepan diantaranya peningkatan SDM baik di bank sampah dan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R). Termasuk peningkatan pemanfaatan komposter sebagai median urban farming, serta penerapan mesin pengolah plastik agar bisa dijadikan sebagai bahan bakar.
“Beberapa program kedepan yang akan kami garap secara serius, dari program itu semua secara garis besar untuk meningkatkan pengurangan sampah agar tidak terlalu banyak dibuang ke TPA Cipeucang, yaitu dimulai dari kemahiran SDM baik di bank sampah atau TPS3R,” pungkas pria kelahiran Pandeglang ini.
Pihaknya bakal mendatangkan mesin pengolah plastik penghasil bahan bakar. Beberapa waktu lalu Institut Pertanian Bogor dan Institut Teknologi Bandung telah menawarkan solusi jitu itu. Dalam satu hari mesin pengolah plastik mampu menggiling 50 kilogam plastik.
“Saya kira perlu keduanya harus ditingkatkan baik SDMnya dan peralatan mesin. Keduanya harus saling melengkapi apabila hanya satu pihak juga kurang bagus misalkan hanya mesin saja hasilnya tidak maksimal,” bebernya.
Masyarakat diminta parsitipatif memberikan saran, turut berkontribusi dalam penanganan sampah. Bagi yang membutuhkan TPS3R tahun ini bisa langsung mengajukan ke DLH, selanjutnya akan dibangunkan. Sebelumnya kewenangan pembangunan TPS3R adalah Dinas Tata Kota.
“Kami juga mendapatkan pelimpahan kewenangan pengelolaan TPS3R baik perawatannya termasuk pembangunannya. Sebelumnya pembangunan dan perawatan tupoksinya ada di Dinas Tata Kota,” kata Yepi.
Saat ini di Tangsel sudah terbangun 53 TPS2R dan 152 bank sampah. Target hingga 2022 bank sampah ada di semua RW seluruh Tangsel. Tidak dapat dipungkiri peran bank sampah dan TPS3R sangat efektif mengurangi pembuangan sampah ke TPA Cipeucang.
Bongkar Pasang Baliho
“Sangat efektif keberadaan mereka dapat meminimalisir pembaungan sampah ke Cipeucang. Saya selalu semangat bersama para komunitas peduli sampah bahkan setiap bulan ada arisan selalu hadir ketika tidak ada halangan,” cerita Yepi.
Ketua Forum TPS3R Tangsel, Tarmidzi memuji semangat Yepi Suherman yang tidak pernah lelah dalam mengajak dan mendidik masyarakat peduli sampah. Sudah sepatutnya masyarakat luas peduli terhadap lingkunganya untuk keindahan Tangsel.
“Semoga semakin hari kepedulian terhadap sampah dimulai dari rumah masing-masing terbangun dan Tangsel menjadi kota asri yang indah terbebas dari sampah,” tuturnya. (din)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dinas Lingkungan Hidup Tingkatkan Partisipasi Pengelolaan Sampah"

Posting Komentar