Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Bank Sampah Berseri Resmi Dibuka

PERESMIAN. Camat Pamulang Deden Juardi (ketiga kanan) meresmikan Bank Sampah Berseri ditandai dengan penimbangan sampah yang sudah dipilah memiliki nilai jual.



PAMULANG– Bank Sampah Bersih Sehat Mandiri (Berseri) resmi dibuka oleh Camat Pamulang dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) berlokasi di RT03/03 Benda Baru, Pamulang. Berdirinya bank sampah tak lepas dari kontribusi mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta selama melakukan pendampingan di masyarakat.
sablon umbul umbul
Camat Pamulang Deden Juardi dalam sambutannya mengingatkan pentingnya bank sampah di lingkungan. Bank sampah menjadi sentra dalam mengumpulkan sampah bagi warga sekitar ini harus dibangun secara bersama.
“Meski tinggal di kampung kita ingin bersih. Jika lingkungan bersih, hidup jadi nyaman dan badan bisa sehat,” kata Deden.
Setelah ada bank sampah, warga diminta supaya aktif menyetorkan sampahnya. Sampah yang memiliki nilai jual seperti botol, besi dan kertas. Banyak sampah memiliki nilai jual yang selama ini tidak dimanfaatkan dengan baik.
“Dengan berdirinya bank sampah kita sadar ada banyak sampah yang bisa kita manfaatkan. Bisa kita kelola dan bisa kita tertib dalam membuang sampah,” tambah Deden.
Sampah yang dihasilkan setiap hari, sebetulnya bisa membantu keperluan keseharian dengan penghasilan tambahan. Juga, menambah penghasilan kepala keluarga dan membuat lebih kreatif. Barang barang bekas tidak layak pakai dapat digunakan sebagai barang daur ulang.
“Yang layak pakai dapat diolah menjadi barang daur ulang. Bagi yang tak layak pakai dapat ditimbang jadi uang. Ini simpel, tapi menghasilkan. Tinggal semangat dalam menjalankan saja,” tambahnya.
Bank sampah terbanyak di Pamulang berada di Kelurahan Bambu Apus. Saat ini telah mencapai sebanyak 16 titik. Ia berharap bank sampah terus tumbuh semakin baik. Ia pun mengucapkan terima kasih atas kehadiran mahasiswa Keperawatan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta atas prakarsa dan semangatnya membangun lingkungan sehat.
Kabid Kebersihan DLH Kota Tangsel, Yepi Suherman, dengan bertambahnya bank sampah Berseri ini turut mensukseskan program bank sampah di seluruh RW di 54 kelurahan dari 7 Kecamatan se-Tangsel.
“Target 500 bank sampah, dari 2017-2022 saat ini sudah ada 150 titik. Namun dari total itu hanya 50 bank sampah yang aktif,” katanya.
Sekretaris Kelompok Profesi Keperawatan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Mustafiqotun Nikmah mengaku bangga dapat mewujudkan harapan masyarakat ingin memiliki bank sampah.
Setidaknya dirinya bersama teman-teman selama kurun waktu satu setengah bulan sejak 14 Desember hingga 22 Januari ini memberikan peninggalan.
pasang iklan klik disini
“Alhamdulillah dapat terwujud keinginan masyarakat RW 03 Benda Baru memiliki bank sampah. Semoga hadirnya bank sampah bisa memberikan hasil tambahan dan lingkungan menjasi bersih sehingga hidup menjadi sehat,” doanya.
Ketua PKK RW 3 Benda Baru, Pamulang, Siti Rohani mengucapkan terima kasih kepada seluruh pejabat yang telah hadir mulai dari Kepala Puskesmas Benda Baru Yayah, Lurah Benda Baru, Tata Surya, Camat Deden Juardi dan Kabid Kebersihan Yepi Suherman serta masyarakat setempat.
“Alhamdulillah peresmian ini ditandai penimbangan barang-barang tak terpakai oleh Pak Camat. Kami warga sangat senang sekali impian memiliki bank sampah sejak lama akhirnya tercapai,” tutur Mak Edi, demikian warga sekitar mengenal.
Dosen pembimbing Karyadi pun turut hadir. Dalam peresmian bank sampah, warga mengucapkan ikrar komitmen bank sampah dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi warga. (din)
Suber : tangsel pos
Digital print

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bank Sampah Berseri Resmi Dibuka"

Posting Komentar