Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Penderita HIV/AIDS Terus Tambah


ILUSTRASI (NET)
ILUSTRASI (NET)
SERANG – Meningkatnya jumlah penderita Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) menjadi perhatian serius Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang.
Plt Kepala Dinkes Kota Serang, Toyalis mengungkapkan penderita HIV yang terdeteksi pada tahun ini mencapai 15 orang, meningkat dari tahun sebelumnya yaitu sembilan orang.
“Pada AIDS juga mengalami kenaikan, tahun ini jumlahnya mencapai 28 orang. Sedangkan tahun lalu hanya 22 orang. Penderita yang meninggal dunia lima orang,” katanya, Minggu (13/11).
Berdasarkan data yang ia miliki, sejak tahun 2007 sampai saat saat ini jumlah penderita HIV mencapai 92 orang. Sedangkan AIDS 169 orang. Menurutnya, jumlah tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan dan laporan.
“Kami juga terus berupaya menekan jumlah tersebut dengan datang kepada kelompok penderita penyakit beresiko tinggi tersebut,” jelasnya.
Selain penderita HIV/AIDS, kata Toyalis, Dinkes Kota Serang menyoroti kasus kematian ibu yang juga meningkat. Menurutnya, hingga November 2016 ini sudah mencapai 11 orang. Angka itu sudah melewati jumlah kematian ibu sepanjang 2015 yang hanya mencapai 9 orang.
“Kami terus berupaya menekan angka kematian ibu dengan melakukan sosialisasi agar para ibu memeriksakan kandungan saat mengalami kehamilan hingga melahirkan,” kata Toyalis.
Sementara itu, pengelola program HIV/AIDS dan TBC Dinkes Kota Serang Dedeh Gilang Nugraha mengatakan, kasus HIV AIDS terbanyak terjadi di kecamatan Serang.
Pasang Iklan Di Sini
Ia mengungkapkan, berdasarkan data, jumlah penderita HIV/AIDS di Puskesmas Ciracas sebanyak lima orang, Puskesmas Rau tiga orang dan meningal satu orang, Puskesmas Serang Kota empat orang, Puskesmas Singandaru empat orang, dan Puskesmas Unyur satu orang.
“Kemudian, di Puskesmas Taktakan tujuh orang dan meninggal dunia dua orang, puskesmas kasemen tiga orang, Puskesmas Kilasah satu orang, Puskesmas Kalodran empat orang, Puskesmas Banjaragung satu orang, Puskesmas Cipocokjaya satu orang dan Puskesmas Bantengirang tiga orang,” paparnya.
Ia menjelaskan, ada beberapa faktor penyebab HIV AIDS yang terjadi di Kota Serang. Dan paling banyak disebabkan oleh heteroseksual yaitu sebanyak 27 kasus. Selain itu, homoseksual juga menyumbangkan angka penyebab dengan jumlah yang cukup banyak yaitu 13 kasus.
“Kasus ini paling banyak diderita oleh laki-laki dan mayoritas usia dewasa. Namun ada juga usia 0-14 tahun yang menderita HIV AIDS sebanyak tiga orang,” ujarnya. (feb/enk/bnn)

Bikin Spanduk & Umbul Umbul

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penderita HIV/AIDS Terus Tambah"

Posting Komentar