Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Kades,Jangan Dikorup Dana Desa


Biro Iklan
BALARAJA – Kepala desa (Kades) tidak boleh sembarangan menggunakan dana desa. Hal itu sangat penting bagi mereka agar tidak terjebak pada perilaku koruptif.
Hal itu terungkap saat belasan Kades dikumpulkan Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Pemerintahan Desa (BPMPPD) Kabupaten Tangerang di salah satu rumah makan di Balaraja, Selasa (25/10).
“Kami memberikan sosialisasi pengelolaan keuangan kepada para kades se-Kecamatan Sukamulya, Kegiatan ini untuk menghindari penyimpangan pengelolaan dana desa oleh Kades,“ kata Tifna Purmana, Kabid Pembangunan BPMPPD Kabupaten Tangerang.
Tifna juga mengatakan sosialisasi ini sengaja dilakukan, karena ada Kades yang terlambat menyusun laporan realisasi dana desa. Padahal untuk bisa mencairkan dana desa tahap kedua, minimal hanya 50 persen, syratanya harus ada laporan realisasi.
“Dari hasil monitoring dan evaluasi. Ada Kades yang terlambat menyusun laporan. Alasannya yang disampaikan kades macam-macam, ada yang mengaku nunggak pajak, dan lain-lain,” ujarnya.
Terkait pengolaan dana desa menurut Tifna, Kades harus bertindak sebagai manager. Tentu seorang manager tidak semestinya langsung ke bagian tataran tekhnis. Namun setiap pengelolaan dana desa itu harus melibatkan tim tekhnis.
“Tim teknis itu dipimpin oleh kepala seksi (Kasie) masing-masing di Desa, sedangkan uUsulan pencairan diusulkan oleh tim tekhnis itu dengan membuat pengajuan Surat Permintaan pembayaran (SPP) dan diferivikasi Sekdes dan setujui oleh Kades, dan dicairkan oleh Bendahara,” tambahnya.
Menurut Tifna, selain melakukan sosialiasi pengelolaan keungan, BPMPPD juga melakukan monitoring ke Kecamatan Kresek.
Camat Sukamulya Ahmad Kasori, mengatakan sosialisasi yang dilanjutkan dengan monitoring evaluasi oleh BPMPPD itu, sangat abgus.
Menurut Haji Oi, sapaan Ahmad Kasori, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, memang berupaya meningkatkan pelayanan, terutama peningkatan infratruktur ke semua desa.
Umbul Sablon Manual
“Melalui dana desa ini diharapkan ada peningkatan kesejahteraan kepada masyarakat. Insya Allah di Sukamulya realisasi dana desa pada tahap pertama sudah selesai,” ujarnya.
Kades Buniayu Hamdani mengaku optimis realisasi dana desa di Desa Buniayu sesuai dengan peruntukan. Menurutnya ada lima titik judul kegiatan yang sudah dilaksanakan di wilayah desanya.
Salah satunya pembangunan akses jalan dan jembatan penghubung antar RT dan RW. “Itu sudah selesai dilaksanakan, tepatnya di Rt 03/02 yang menghubungkan ke RT 01/05,” katanya. (bud)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kades,Jangan Dikorup Dana Desa "

Posting Komentar