Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Trayek Baru dari Jalan Raya Ciater, Serobot Trayek Angkot, Transjakarta Terobos Bunderan Maruga



CIPUTAT-Bus Transjakarta terus menyerobot trayek angkutan umum lainnya di Kota Tangsel. Rencananya moda transportasi tersebut bakal melintasi Jalan Raya Ciater Serpong, Bunderan Maruga hingga ke Ciputat.
Transjakarta yang akan melayani rute hingga ke Jalan Raya Ciater itu merupakan bus yang biasa beroperasi dari Jalan RE Martadinata Ciputat ke Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta. Untuk jalur di Jalan Raya Ciater sudah ada angkutan umum beroperasi di wilayah itu berupa angkutan kota (angkot) jurusan Pasar Ciputat-Pasar Modern BSD.
Begitu juga di Bunderan Maruga, terdapat puluhan angkot jurusan Ciputat-Pamulang 2 yang melintasi kawasan tersebut. Tentunya kondisi ini akan membuat kekhawatiran para sopir angkot bakal menurun jumlah penumpangnya.
Terkait akan beroperasinya Transjakarta dari Jalan Raya Ciater, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tangsel, Sukanta mengaku sudah melayangkan surat permintaan ke Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk mengkaji trayek baru Transjakarta yakni, melewati Jalan Raya Ciater, lalu ke Bunderan Maruga, dan Ciputat.
Sukanta menerangkan permintaan trayek baru untuk Transjakarta itu merupakan aspirasi dari masyarakat. “Sampai saat ini masyarakat begitu banyak berdatangan kepada kami meminta Transjakarta melintasi Jalan Ciater dan ke Bunderan Maruga, Ciputat,” kata mantan Camat Serpong Utara ini.
Dishubkominfo berharap surat permintaan trayek baru Transjakarta itu bisa ditanggapi serius BPTJ. “Kebutuhan angkutan Transjakarta di wilayah itu sudah sangat dibutuhkan sekali. Selama ini kan beroperasinya hanya dari Ciputat saja,” beber pria berkacamata ini.
Saat ini Dishubkominfo sendiri belum mengetahui trayek baru itu akan tersambung ke mana sebab harus disimpulkan dari hasil kajian. Kajian juga akan menyimpulkan apakah Transjakarta akan merugikan pihak lain atau tidak seperti angkutan umum yang terlebih dahulu beroperasi.
“Tujuannya kemana? Itu tergantung hasil kajian, termasuk apakah jika nanti ada Transjakarta ada yang dirugikan atau tidak. Misalkan mematikan trayek lain. Jika merugikan ya sebaiknya tidak perlu diterapkan. Intinya asal tidak merugikan saja,” paparnya.
Jika dilihat dari infrastruktur, kondisi Jalan Raya Ciater memang sudah memadai untuk dilintasi Bus Transjakarta. Jalan yang cukup mulus dan begitu lebar serta ditambah rencana pemasangan lampu pengatur lalu lintas.
“Kami memprediksi tidak akan timbul kemacetan karena sifatnya Transjakarta tidak parkir tapi mobile menyusuri Ciater balik di Bunderan Maruga kembali ke Pasar Modern BSD lalu masuk ke tol,” prediksi Sukanta.
Ketua Organsisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Tangsel, Yusron Siregar menyerahkan kepada Dishubkominfo untuk pembukaan trayek baru buat Transjakarta itu. “Sepenuhnya kami serahkan kepada Dishubkominfo tentang ini semua. Tinggal menunggu hasil kajian karena yang menentukan nanti kajian apakah boleh atau tidak,” tukas Yusron.
Sementara, Mardiana (40) warga Ciater, Kecamatan Serpong mengungkapakan di Kota Tangsel sudah terlalu banyak angkutan umum namun, tidak memberikan solusi kepada masyarakat. Menurutnya, bukan soal kuantitas moda transporatasinya tapi, bagaimana memberikan kemudahan warga dan tidak membuat kemacetan.
“Kami sebagai warga yang tinggal di Ciater biasa tidak macet khawatir jika nanti ada Transjakarta malah membuat macet. Ini bagi kami bukan soal solusi yang tepat, untuk itu kami mengharapkan perlu ada analisa lebih mendalam,” harap Mardiana.
Selama ini Transjakarta memang sudah beroperasi dari Jalan RE Martadinata Ciputat dengan melayani trayek hingga ke Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta dan di kawasan BSD dengan tujuan Grogol, Jakarta Barat. Kehadiran Transjakarta tersebut menjadi primadona baru masyarakat Kota Tangsel yang bekerja di kawasan Jakarta.(din)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trayek Baru dari Jalan Raya Ciater, Serobot Trayek Angkot, Transjakarta Terobos Bunderan Maruga"

Posting Komentar