Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Pemkot Jemput Bola Wajib Pajak ke Perumahan Elite 4 Bulan Tembus Rp 5 M

SERPONG-Luar biasa. Pendapatan Pemkot Tangsel dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) selama empat bulan mampu menembus Rp 5 miliar. Keberhasilan ini salah satunya karena program jemput bola.
Para petugas Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Tangsel dengan mobil keliling mendatangi perumahan di tujuh kecamatan. Langkah ini terbukti efektif, selama Mei hingga 7 Agustus, kemarin, PBB mencapai Rp 5 miliar.
Kepala Bidang (Kabid) PBB dan Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan (BPHTB) DPPKAD Kota Tangsel, Indri Sari Yuniandri menjelaskan semenjak PBB dialihkan ke daerah, hal ini memberikan kesempatan bagi tiap daerah untuk melakukan inovasi dalam hal pelayanan PBB sehingga tahun ini pihaknya melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat.
“Kami membuat program pelayanan langsung ke perumahan melalui mobil keliling untuk beberapa jenis permohonan pelayanan PBB seperti balik nama, perbaikan alamat, perbaikan nama wajib pajak, salinan dan sebagainya, hal ini dilakukan bersama dengan program pelayanan pembayaran PBB melalui mobil keliling, untuk pelayanan mobil keliling di Sabtu dan Minggu saja, pendapatannya mencapai 401 juta rupiah, sedangkan untuk keseluruhan dari Mei hingga 7 Agustus mencapai 5 miliar,”ungkapnya.

Indri menjelaskan alasan pihaknya melakukan program ini, dikarenakan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. “Kondisi kantor DPPKAD yang terbatas untuk menampung masyarakat yang datang per harinya mencapai 100 hingga 200 pemohon, sehingga terkadang terjadi antrean, selain itu ada stigma di masyarakat bahwa mengurus PBB itu sulit dan ribet,” paparnya.
Pelayanan langsung ke masyarakat ini pun dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengurus dan melakukan pembayaran PBB serta untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat karena pada saat pelayanan DPPKAD menyertakan bank.
“Untuk pembayaran PBB dilakukan melalui bank tidak ada yang dipungut melalui petugas kami,” jelasnya.
Kepala DPPKAD Kota Tangsel, Uus Kusnadi menjelaskan kegiatan jemput bola dengan menggunakan mobil keliling ini dilakukan untuk meningkatkan realisasi penerimaan PBB, dengan turun langsung ke perumahan diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), sehingga kalau PAD meningkat, maka Pemkot Tangsel memiliki cukup dana untuk melakukan pembangunan.
“Target PBB tahun ini sebesar 250 miliar rupiah dan ada 57.000 bidang objek pajak PBB serta terverifikasinya 10 ribu Nilai Objek Pajak,”katanya.
Dengan adanya mobil keliling, pelayanan ke perumahan terus dioptimalkan dimana setiap satu mobil keliling melayani satu kecamatan dan lokasi operasionalnya bergantian dari satu kelurahan ke kelurahan lainnya, sesuai dengan jadwal yang ditentukan bersama kelurahan. Sedangkan untuk pelayanan pendataan tahun ini dilakukan di Kecamatan Ciputat melalui sensus PBB.
Sementara untuk pelayanan pembayaran Sabtu-Minggu jumlah petugas yang dikerahkan sebanyak 12 tim, satu tim terdiri dari 3 orang dan 1 teller bank, dan 2 staf pelaksana PBB dari DPPKAD. Di 2015 lalu, target pencapaian PBB sebanyak Rp 225 miliar. Namun realisasi yang terjapai sebesar Rp 229 miliar.(irm/din)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemkot Jemput Bola Wajib Pajak ke Perumahan Elite 4 Bulan Tembus Rp 5 M"

Posting Komentar