Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

1 Agustus 2016, RSU Kota Tangsel Buka Layanan Kesehatan Poli Jantung

Pamulang,  Serangan jantung secara medis disebut dengan infark miokard, adalah kondisi di mana pasokan darah menuju ke jantung menjadi terhambat. Hal ini adalah kondisi medis darurat yang biasanya disebabkan oleh penggumpalan darah atau penumpukan lemak, kolesterol dan unsur lainnya. Gangguan aliran darah ke jantung ini dapat merusak atau menghancurkan otot jantung dan bisa berakibat fatal.
Terkait dengan bagaimana mengantisipasi kondisi medis darurat tersebut, khsusnya masalah penanganan pasien penderita sakit jantung di kota Tangerang Selatan (Tangsel), maka sebagai Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), RSU Kota Tangsel terus berupaya meningkatkan standarisasi mutu pelayanan dengan membuka poli jantung.
Rencananya poli baru ini akan dibuka tepat pada tanggal 1 Agustus 2016 nanti. Poli jantung ini akan beroperasi mulai dari Senin 09.00 WIB hingga selesai, dan hari Rabu dan Kamis mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Dan, dokter spesialis yang secara khusus bertugas di poli ini adalah dokter spesialis jantung, Luluk Dwiyuliana,SpJP lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK-UNAIR).
“Gejala penyakit jantung umumnya seperti nyeri dada, sesak, cepat capai ketika beraktivitas, sering bangun tidur di malam hari karena sesak, kemudian ketika tidur menggunakan bantal yang tinggi dan mendapati kaki yang membengkak. Sedangkan untuk penyakit jantung yang perlu dikhawatirkan adalah tidak timbulnya gejala penyakit jantung seperti yang sudah disebutkan tadi, tetapi disebabkan dari faktor resiko,” terang dr Luluk kepada suaratangsel.com, Selasa (26/7).
Menurutnya, penyakit jantung dapat ditimbulkan dari faktor resiko seperti merokok, diabetes, darah tinggi, kolesterol, dan biasanya penyakit jantung beresiko pada pria berusia 40 tahun keatas.
“Faktor resiko penyakit jantung dapat dicegah dengan menjalani pola hidup sehat salah satunya dengan rutin berolahraga, kebanyakan pria yang berpotensi timbul gejala penyakit jantung, sedangkan perempuan biasanya ketika menopause,” kata dokter Luluk.
“Sakit jantung dapat dikontrol dan ditangani dengan baik, jadi bagi masyarakat tidak perlu khawatir untuk memeriksakan kondisinya jika pernah merasakan gejala penyakit jantung seperti yang sudah diterangkan tadi, agar dapat segera ditangani sehingga tidak terlambat untuk mendeteksi penyakit jantung yang sudah kronis” tambahnya.
Pelayanan kesehatan Poli jantung yang akan di buka RSU Kota Tangsel diantaranya adalah dengan melakukan pemeriksaan Elektrokardiogram (EKG) atau electrocardiogram (ECG) yang berfungsi untuk mendeteksi kelainan jantung dengan mengukur aktivitas listrik yang dihasilkan oleh jantung, sebagaimana jantung berkontraksi. EKG dapat membantu mendiagnosis berbagai kondisi kesehatan seperti aritmia jantung, pembesaran jantung, peradangan jantung (perikarditis atau miokarditis), dan juga penyakit jantung koroner.
“Di poli jantung RSU Kota Tangsel yang akan dibuka, terdapat pemeriksaan foto rontgen dada dan juga obat-obatan untuk pasien penyakit jantung yang sama dengan Rumah Sakit tipe besar lainnya. Pelayanan kesehatan tingkat dasar dapat diberikan bagi pasien penyakit jantung, jika ada tindakan yang perlu menggunakan fasilitas yang lebih memadai lagi maka si pasien akan kami rujuk ke RS tipe B maupun tipe A, ketika sudah dapat tindakan dan pasien sudah dapat berobat jalan, bisa konsultasi ke RSU Kota Tangsel kembali,” kata dokter Luluk.
Detak jantung normal bagi yang sedang tidak beraktivitas biasanya antara 60 sampai 100 / menit, dan akan meningkat ketika sedang melakukan aktivitas, apabila terdapat keluhan segeralah berkonsultasi ke poli jantung RSU Kota Tangsel
Kepala Seksi Pelayanan Medis RSU Kota Tangsel, dr Suherman mengatakan, sesuai data yang ada, kurang lebih sebanyak 20% pasien penyakit dalam yang datang ke RSU, ternyata juga terdeteksi memiliki penyakit jantung. Jika demikian akan langsung dirujuk ke Rumah Sakit terdekat yang memiliki Poli jantung.
“Poli jantung ini kami buka dengan harapan mampu meningkatkan lagi pelayanan di RSU, khususnya untuk masyarakat Kota Tangsel” terangnya.(suara tangsel)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "1 Agustus 2016, RSU Kota Tangsel Buka Layanan Kesehatan Poli Jantung"

Posting Komentar