Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Pasang CCTV di 3 Titik Macet

Illustrasi net
SERPONG-Untuk mengurai kemacetan di beberapa lokasi, Pemkot Tangsel akan memasang Closed Circuit Television (CCTV). Dari 19 titik macet, saat ini baru dipasang di tiga titik seperti di Perempatan German Center BSD, Bundaran Alam Sutera, dan Gading Serpong.
Tiang-tiang untuk meletakan kamera pengintai itu sudah mulai dipasang. Begitu juga dengan peralatan pendukung lainnya seperti, kabel viber dan optik mulai disambungkan.
Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tangsel, Sukanta menerangkan pemanfaatan teknologi diyakini bisa mengurai kemacetan yang kerap terjadi di sejumlah wilayah Kota Tangsel.
“Tahun ini kami memasang CCTV di tiga titik dan saat ini sudah dimulai, mulai dari tiang dan perangkat kabel viber optic sudah dipersiapkan,” kata Sukanta.
Mantan camat Serpong Utara ini menjelaskan untuk mengurai kemacetan dengan menggunakan CCTV ini tentunya harus didukung perangkat lainnya seperti infrastruktur jalan, anggaran, dan para pengguna jalan. “Tanpa dukungan dari berbagai pihak pasti kami tidak bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.
Pemasangan di Perempatan German Center BSD, Bundaran Alam Sutera, dan Gading Serpong itu sebagai uji coba untuk memasang di 16 titik kemacetan lainnya.
“Tiga titik itu jadi percontohan awal. Jika kami berhasil mengurai kemacetan itu akan mudah kendalikan di titik lain,” paparnya.
Petugas Dishubkominfo akan mengendalikan pemantauan dari CCTV itu di lantai satu Balikota Ciputat dengan menggunakan monitor dalam dua ruangan. “Saat ini personel di lapangan masih banyak. Jika semua sudah dikendalikan oleh CCTV mereka akan ditarik. Apabila krodit baru kami terjunkan,” beber pria berkacamata ini.
Sukanta mengaku terpukau dengan Kota Surabaya dari pelaksanaan Goesmart City 2016, belum lama ini. Penanganan kemacetan di Kota Pahlawan itu sudah menggunakan teknologi canggih.
Pemkot Surabaya mampu mampu mengatur rekayasa lalu lintas di persimpangan jalan yang berdekatan dengan perlintasan kereta api. “Kami berkeinginan untuk mengunggulinya, bukan hanya ingin menyamai Surabaya. Semua terkendali melalui kamera untuk mengurai kemacetan, termasuk merekayasa lalu lintas di dekat perlintasan kereta api,” paparnya.
Dishubkominfo Kota Tangsel akan meniru apa yang diterapkan di Surabaya itu ke Kota Tangsel. Sejumlah perlintasan kereta api selama ini memang menjadi biang keladi kemacetan seperti di dekat Stasiun Sudimara Jombang, Stasiun Pondok Ranji, Stasiun Rawa Buntu, dan Stasiun Serpong.
Setiap hari, antrean kendaraan mengular di daerah perlintasan kereta api tersebut. Sejumlah kendaraan saling sodok untuk mendahului. Bahkan para pengendara kerap saling melampiaskan kekesalannya jika melewati perlintasan kereta api.
“Perlintasan kereta api di Pasar Serpong, Jombang, dan Pondok Ranji itu menjadi kewenangan Pemprov Banten karena jalannya milik mereka. Kami akan koordinasi untuk mengurai kemacetan di situ karena, kami tidak dapat merekayasa lalu lintasnya,” pungkas Sukanta.
Sementara, Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengaku berkeinginan untuk pengendalian kemacetan dapat dikontrol dalam satu ruangan. Ini akan mempermudah dan mempercepat kerja.
“Pusat pengendali lalu lintas sudah disiapkan di gedung Balaikota. Nanti semua akan terlihat dari pusat memantau dan ini jauh lebih efektif titik-titik mana yang padat lalu lintasnya,” pungkasnya.
Selain itu, cara mengurai kemacetan dapat menambah waktu pada lampu merah. Ada yang dikurangi ada juga yang ditambah supaya dua jalur macet dapat terurai. (din)LANGKAH MENGURAI KEMACETAN:


1.PEMASANGAN CCTV DI TITIK MACET:
-Perempatan German Center BSD
-Bundaran Alam Sutera, Serpong Utara
-Perempatan Gading Serpong
2. REKAYASA LALU LINTAS DI PERLINTASAN KERETA API:
-Perlntasan Kereta Api di Dekat Stasiun Sudimara Jombang, Ciputat
-Perlintasan Kereta Api di Dekat Stasiun Pondok Ranji, Ciputat Timur
-Perlntasan Kereta Api di Pasar Serpong
-Perlntasan Kereta Api di Rawa Buntu
-Perlintasan Kereta Api di Dekat Stasiun Jurangmangu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pasang CCTV di 3 Titik Macet"

Posting Komentar