Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

MPLS SMAN 2 Tangsel Lebih Positif Demo Ekskul Ajang Pengenalan Lingkungan Sekolah

WAJIB IKUT. Sejumlah Siswa baru SMA Negeri 2 Tngasel memenuhi masih-masing booth yang ditampilkan para senior sekolah tersebut. Ekskul wajib diikuti seluruh siswa baru, disetiap sekolah

SETU-Masa orientasi peserta didik baru (MOPD) yang kini sudah terlarang untuk dilakukan, diganti dengan beragam kegiatan positif, inovatif dan bermanfaat. Penggantinya yakni Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS), yang setiap butir kegiatannya langsung dipandu oleh guru atau trainer yang didatangkan dari lembaga berkompeten.
Dalam kerangka itulah, maka SMA Negeri 2 Tangsel berinisiatif menyelenggarakan dua agenda sangat bermanfaat bagi siswa, yaitu Character Building, Commitmen & Action Plan.
“Tujuannya adalah untuk menanamkan sikap positif dan semangat belajar siswa selama menempuh kegiatan belajar di SMAN 2 Tangerang Selatan. Siswa juga diajak berperan aktif untuk menentukan kegiatan positif apa saja yang mereka ingin kerjakan selama berada di sekolah ini,” ungkap Kepala SMA Negeri 2 Tangsel, DR Neng Nurhemah kepada Tangsel Pos, kemarin.
Untuk agenda ini, lanjutnya, sekolah mengundang trainer dari dua lembaga, satu di antaranya dari Lembaga Rumah Anak Negeri (RAN). Mas Taufan bersama dua rekannya dari RAN memberikan materi pembekalan di Gedung Serbaguna dan dilanjutkan di kelas masing-masing.
“Adapun materi yang diberikan adalah karakter kebangsaan, akhlak kepribadian, motivasi belajar disesuaikan dengan visi misi sekolah, mengenal 9 kecerdasan, manajemen diri (mengenal potrensi minat dan bakat), serta entrepeneurship dan membuat peta cita-cita,” tegas satu-satunya kepala sekolah pemegang gelar doktor ini.
Profil Ekskul Ditampilkan pada Siswa Baru
Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di SMAN 2 Tangsel diisi dengan beragam kegiatan. Satu di antaranya adalah demo ekskul. Acara ini dilaksanakan di halaman sekolah dengan menghadirkan seluruh kegiatan ekskul.
Setiap booth didampingi anggota ekskul yang akan memberikan penjelasan mengenai masing-masing profil ekskul, kepengurusan, kegiatan dan prestasi yang pernah diraih, baik dari tingkat kota, provinsi, nasional hingga ketingkat internasional.
Dalam acara ini, peserta didik baru dapat mengenal lebih dekat dan diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk memilih ekskul manakah yang sesuai dengan keinginan mereka masing-masing.
Untuk menarik calon anggota, setiap pemandu ekskul harus pandai-pandai memberikan penjelasan mengenai kegiatan ekskulnya. Kepada calon anggota diberikan kesempatan untuk bertanya sebanyak-banyaknya, sehingga ketika mereka menjatuhkan pilihannya tidak akan salah pilih.
Dengan demikian, mereka akan bisa maksimal mengeksploitasi bakat dan kemampuannya ketika sudah bergabung dengan kegiatan ekskul pilihannya itu. Sekolah mewajibkan kepada setiap siswa untuk mengikuti dua jenis kegiatan ekskul. Satu ekskul wajib, yaitu kegiatan kepramukaan dan satunya lagi, bebas sesuai pilihan siswa.(sam)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MPLS SMAN 2 Tangsel Lebih Positif Demo Ekskul Ajang Pengenalan Lingkungan Sekolah"

Posting Komentar