Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Zakat Fitrah 2016 Ditetapkan Rp 25 Ribu

Ilustrasi net
SERANG – Badan Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Serang telah menetapkan besaran zakat fitrah 2016 atau 1437 Hijriah sebesar Rp 25.000. Besaran tersebut ditetapkan berdasarkan pertimbangan rata-rata harga beras di pasaran seberat 2,5 kilogram sesuai syariat Islam.
Ketua Baznas Kabupaten Serang, Wardi Muslich mengatakan, penetapan besaran zakat fitrah merupakan agenda rutin tahunan yang dilakukan pihaknya. Penetapan sendiri dilakukan melalui musyawarah Baznas bersama dengan berbagai lembaga.
“Beberapa waktu lalu kami bersama berbagai lembaga lainnya sudah melaksanakan musyawarah terkait besaran zakat fitrah pada 1437 hijrah dan hasilnya sudah disekapati,” ujarnya kepada Tangsel Pos, Rabu (8/6).
Wardi menuturkan, besaran zakat fitrah sendiri sesuai dengan syariat Islam telah ditentukan yaitu seberat 2,5 kilogram beras. Namun bagi mereka yang ingin menggantinya dengan uang maka bisa ditebus dengan nominal senilai Rp 25 ribu.
“Rp 25 ribu itu kami ambil dari rata-rata harga besar terendah dan tertinggi di pasaran saat ini sehingga jatuh diangka Rp 10 ribu per kilogramnya. Angka itu tidak mengalami perubahan dibanding besaran zakat fitrah tahun sebelumnya,” katanya.
Untuk penyetoran zakat, kata dia, sudah bisa dilakukan sejak hari pertama bulan Ramadan hingga hari raya Idul Fitri tepatnya sebelum pelaksanaan salat Ied. Untuk lokasi penyetoran sendiri bisa dilakukan dengan cara mendatangi langsung Sekretariat Baznas atau pun melalui masjid terdekat.
“Tapi kalau karyawan di perusahaan kami harapkan prosesnya bisa lebih mudah lagi. Di mana perusahaan bisa terlebih dahulu mengkordinir zakat fitrah yang nantinya diserahkan ke Baznas atau badan penyalur zakat lainnya,” ungkapnya.
Wardi menjamin, semua penerimaan zakat fitrah yang diterima pihaknya aman dan dan bisa dipertanggungjawabkan. Untuk target penerimaan zakat fitrah pada 2016 ini pihaknya tidak mematok target tertentu. Baginya yang terpenting penyelenggaran zakat fitrah bisa berjalan lancar.
“Tahun lalu dari penerimaan zakat fitrah mencapai Rp 580 juta dan beras yang tidak terlalu banyak. untuk tahun ini kami tidak mematok target yang penting semua lancar saja,” tuturnya.(ava/yul/tangsel pos)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Zakat Fitrah 2016 Ditetapkan Rp 25 Ribu"

Posting Komentar