Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Truk dan Kendaraan Pribadi Mulai Memadati Merak Pemudik Pulang Lebih Awal

Pemudik kendaraan pribadi mulai memadati Dermaga I dan Dermaga II Pelabuhan Merak, Cilegon, Minggu (26/6) dini hari.(RONALD SIAGIAN/BNN)
CILEGON – Ratusan truk eskpedisi yang melintas di penyeberangan Merak mulai terlihat padat. Alasannya untuk menghindari larangan operasional yang mulai diberlakukan H-5 Ĺebaran. Selain truk, Pelabuhan Merak juga mulai dipadati para pemudik yang membawa kendaraan pribadi, mereka memilih pulang kampung lebih awal.
Pantauan di lapangan, mulai dari 24 Juni, Jumat malam hari hingga 26 Juni dini hari, truk ekpedisi serta ratusan kendaraan roda empat yang hendak menyebrang dari Pulau Jawa ke Sumatra sudah mengisi kantong-kantong parkir di setiap dermaga.
Salah satu supir truk, Haryono (38) yang biasa mengangkut barang muatan buah-buahan dari Kota Bandar Lampung ke Kota Jakarta sudah memilih kembali pulang ke Lampung untuk menghindari larangan pengoperasian kendaraan truk yang melintas di Penyeberangan Merak – Bakauheni.
“Setelah memuat semangka dari Lampung ke Jakarta, kami langsung kembali ke Lampung dan sudah tidak mengangkut lagi. Nanti bekerja lagi setelah larangan pengoperasionalan truk yakni hingga H+3 Lebaran dicabut,” ungkapnya, Minggu (26/6) dini hari.
Sementara itu, salah satu penumpang kendaraan pribadi, Boy (27) memilih mudik lebih awal dari Jakarta ke Lampung bersama keluarga untuk menghabiskan waktu libur hari raya Idul Fitri lebih panjang. “Saya milih pulang lebih awal, supaya bisa menghabiskan libur hari raya lebih panjang di Lampung,” tandasnya.
Sebagaimana pengalaman yang dialami mudik Lebaran pada 2015 lalu, ia memilih pulang lebih awal juga karena menghindari penumpukan kendaraan saat puncak arus mudik. Boy menerangkan, dirinya bersama keluarga tidak lagi terjebak macet sebagaimana yang dialami seperti pada arus mudik Lebaran tahun lalu.
“Tahun lalu pas puncak Lebaran, saya sama keluarga terjebak macet karena bersamaan dengan arus mudik kendaraan lain. Makanya tahun ini, saya pilih pulang lebih awal untuk menghindari penumpukan kendaraan,” terangnya.
Sementara itu, Humas Manajer PT ASDP Cabang Merak, Mario S. Oetomo membenarkan bila kepadatan penumpang sudah telihat dan terdapat peningkatan pada libur pekan ini. Baik penumpang pejalan kaki, roda dua dan roda empat.
“Memang sudah terlihat penumpang-penumpang yang sudah mulai pulang lebih awal. Seperti kendaraan pribadi dan roda dua, banyak dari mereka mengantarkan anak mereka sudah libur sekolah,” tuturnya.
Diprediksi, kata Mario, arus pemudik pulang lebih awal akan terus mengalir dan akan mulai padat saat mendekati hari puncak Lebaran mendatang. Puncak arus pemudik, diperkirakan akan terpisah dan terbagi menjadi tiga hari.
“Puncak Lebaran di Merak kita perkirakan akan terbagi menjadi tiga hari. Mulai Jumat, Sabtu dan Minggu, H-3 sebelum Hari Lebaran,” terangnya.(nal/bnn)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Truk dan Kendaraan Pribadi Mulai Memadati Merak Pemudik Pulang Lebih Awal"

Posting Komentar