Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Tim Pansel Uji 12 Pendaftar Dicari Pimpinan Baznas Tangsel

SERPONG – 12 peserta calon pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang Selatan masa kerja 2016-2021 menjalani seleksi 1 Juni. Mereka akan presentasi konsep diuji oleh Tim Panitia Seleksi (Pansel) Kota Tangsel.
Sekretaris Pansel Baznas Tangsel Abdul Rojak menegaskan pelaksanaan presentasi dari 12 peserta yang mendaftar akan dilakukan ujian di ruangan Asisten Daerah Satu Ismunandar, Gedung Balai Kota, Ciputat. Satu peserta diberikan waktu 30 menit mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.
“Besok (hari ini red) 12 peserta akan presentasi konsep pengelolaan zakat. 10 menit presentasi, 20 menit untuk tanya jawab,” papar Rojak saat dihubungi kemarin.
Pada tahun-tahun sebelumnya, cara pejaringan pengurus Baznas tidak melalui Tim Pansel. Namun sejak lahir Undang-Undang 23 tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat, pemilihan pengurus Baznas harus melalui Tim Pansel.
“Amanat undang-undang demikian, harus terbuka dan dikaji oleh Tim Pansel. Sebelumnya dipilih berdasarkan kemampuan dan kesiapan serta memahami pengelolaan zakat. Tapi melalui cara ini mereka harus menyiapkan konsep sejak awal,” tambah Rojak.
Dari 12 orang pendaftar itu, terdiri dari berbagai latar belakang seperti tokoh masyarakat dan ulama sebanyak 6 orang, praktisi pemerhati bidang zakat sebanyak 3 orang, advokat 3 orang, dan akademisi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 1 orang.
“Seleksi itu akan mengerucut pada sepuluh nama. Kamudian dari sepuluh nama akan diajukan kepada Walikota Tangsel untuk dipilih lima orang menjadi pengurus Baznas Tangsel,” tambah Rojak.
Hasil seleksi akan diumumkan ke publik pada 6 Juni. Masyarakat wajib mengetahui struktur Baznas Kota Tangsel. Dengan demikian ramadan tahun ini memiliki kepengurusan baru.
“Mudah-mudahan kepengurusan yang baru mampu mengelola potensi zakat yang ada supaya dampak kepada masyarakat lebih luas. Tangsel punya potensi zakat cukup besar dan ini adalah tugas mereka nanti,” tambah ia.
Tentu tidak menafikan hal utama, jujur dan amanah mengelola uang dari masyarakat. Tapi juga harus dibarengi dengan wawasan aturan-aturan tetang zakat, termasuk informasi potensi zakat setiap kecamatan amat penting.
“Di Tangsel belum memiliki data potensi zakat per kecamatan. Ini amat penting untuk mendeteksi di masing-masing kecamatan. Jika punya data itu pasti akan lebih maksimal pengelolaan zakatnya,” paparnya.
Tokoh Masyarakat Tangsel, Rasud Syakir mengharapkan pimpinan Baznas Tangsel betul-betul orang yang memiliki jiwa amanah dan kredibilitas tinggi. Dipercaya oleh masyarakat sebagai muzakki (penzakat) dengan jujur.
“Kami sangat mengharapkan calon-calon yang nanti bakal menduduki kepengurusan Baznas Tangsel memiliki kejelian dalam mengelola zakat. Termasuk menjunjung tinggi kejujur dan selalu amanah,” harap ia.(din)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Tim Pansel Uji 12 Pendaftar Dicari Pimpinan Baznas Tangsel"

Posting Komentar