Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Tangsel Satu-satunya Daerah Terapkan Perencanaan E-Reses

ilustrasi net
SERPONG – Dengan telah disahkannya Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah menjadi Perda, maka Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjadi satu-satunya daerah di Indonesia yang memiliki sistem E-Reses dalam perencanaan pembangunan.
Pasal atau klausul E-Reses itu dimasukan oleh Panitia Khusus (Pansus) Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah DRPD Tangsel, karena dinilai Tangsel sudah pantas melakukan sistem pembangunan dengan cara tersebut.
Dengan sistem itu, masyarakat yang tidak sempat menyampaikan aspirasinya dalam setiap kegiatan reses DPRD Tangsel. bisa mengisi sebuah draft melalui program E-Reses dan seluruh aspirasi bisa tertampung dengan baik.
Ditambah lagi, dalam Raperda itu Reses juga merupakan salah satu penyumbang ide atau gagasan dalam perencanaan pembangunan. Sebelumnya reses tidak masuk atau tidak berdiri sendiri, tetapi harus digabungkan dengan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).
“Dengan dimasukannya klausul atau pasal E-Reses dalam Perda yang telah disahkan kemarin itu. Maka Tangsel satu-satunya daerah di Indonesia yang memiliki perencanaan pembangunan berbasis teknologi. Artinya aspirasi masyarakat yang ingin dituangkan dalam kegiatan reses dewan bisa melalui teknologi atau internet,” ujar Drajat Sumarsono, Anggota Pansus Perda tersebut.
Dia juga mengatakan, nantinya melalui E-Reses juga masyarakat bisa melihat mana aspiras-aspirasi apa saja yang tertuang dalam program itu. “Masyarakat bisa melihat daftar aspirasi yang tertuang, bahkan bisa juga memberi penilaian seperti apa baiknya pembangunan dilakukan. Jadi kita libatkan masyarakat itu secara langsung,” ujarnya.
Selain itu, masyarakat juga bisa melihat aspirasi apa yang ditunda dan yang dijadikan skala prioritas pembangunan daerah. “Tentunya dalam reses kita melihat apa yang menjadi skala prioritas. Nah masyarakat juga bisa melihat dan menilai ini,” ungkapnya.
Wakil Ketua Pansus Perda Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah, Nurahayati Yusup, mengatakan setelah Perda itu diundangkan, maka selanjutnya akan dibahas soal teknis dari e-reses itu yang harus dituangkan dalam Peraturan Walikota (Perwal).
Dengan adanya sistem tersebut, maka Tangsel bisa menjadi percontohan daerah lain dikarenakan satu-satunya yang memasukan E-Reses dalam perencanaan pembangunan daerah.
“Dengan begini, Tangsel bisa menjadi kota percontohan, tinggal kami rapatkan lagi te
knisnya seperti apa agar seluruh program ini berjalan baik dan menjadi harapan baru bagi masyarakat Tangsel,” tuturnya.(dra)
sumber : http://tangselpos.co.id/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tangsel Satu-satunya Daerah Terapkan Perencanaan E-Reses"

Posting Komentar