Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Ramadan, Volume Sampah Meningkat Tajam

Ilustrasi Net
SERANG – Memasuki bulan Ramadan tahun ini, produksi sampah di Kabupaten Serang meningkat tajam. Bahkan, Dinas Tata Ruang Bangunan dan Perumahan (DTRBP) Kabupaten Serang mencatat, produksi sampah mengalami peningkatan hampir 100 persen kubik per hari.
Kepala UPT Persampahan Wilayah Barat DTRBP Kabupaten Serang Nawardi mengatakan, dengan meningkatkan aktivitas konsumsi makanan secara bersamaan telah berakibat pada lonjakan produksi sampah.
Kata dia, pada hari-hari biasa total produksi sampah di wilayah Barat hanya 130 kubik per hari. Selama Ramadan bisa meningkat hampir 100 persen.
“Di wilayah Barat itu meliputi Kecamatan Mancak, Padarincang, Gunungsari, Cinangka dan Anyar dimana kecamatan tersebut menjadi kawasan objek wisata. Dengan alasan itu maka aktivitas saat Ramadan cukup meningkat terutama pada jam buka puasa. Akibatnya, produksi sampah meningkat tajam,” ujarnya.
Ia menuturkan, peningkatan sampah terjadi pada kategori sampah liar semisal plastik dan styrofoam bekas kegiatan makan bersama baik buka maupun sahur. Sedangkan untuk sampah rutin dari hotel dan pemukiman terbilang cukup stabil.
“Mereka yang datang itu kebanyakan membawa bekal atau membeli makan siap saji sehingga ketika selesai makan biasanya sampah ditinggal begitu saja atau biasa disebut sampah liar,” katanya.
Untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan sampah, kata dia, pihaknya sudah mengerahkan personel sebanyak 92 orang yang terdiri dari pengawas, penyapu, dan petugas angkut sampah. Sedangkan untuk armada angkut pun ditambah dari satu rit menjadi dua rit yang beroperasi pasca jam bukan dan sahur.
“Untuk Bulan Ramadan dan Lebaran kami maksimalkan jumlah personel, begitu pun dengan armada angkutan sampahnya,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Bidang Persampahan dan Pertamanan DTRBP Kabupaten Serang, Asep Herdiana mengatakan, melihat pergerakan neraca, bulan Ramadan merupakan periode di mana produksi sampah selalu meningkat. Untuk urusan pengangkutan sampah, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 39 armada yang beroperasi di seluruh wilayah Kabupaten Serang.
“Kalau puasa memang selalu meningkat dan tahun sebelumnya juga begitu. Kalau untuk produksi sampah se-Kabupaten Serang saya kurang hafal karena datanya terus berubah setiap harinya. Intinya masalah sampah kami siap tangani, 39 armada pun siap beroperasi,” tuturnya.(ava/yul)Tangsel Pos)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Ramadan, Volume Sampah Meningkat Tajam"

Posting Komentar