Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Pengusaha Hotel Wajib Sediakan Life Guard

Ilustrasi net
SERANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang mewajibkan seluruh hotel di Kawasan Wisata Pantai Anyar untuk menyediakan life guard di setiap kolam renang dan bibir pantai. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan pantai akibat terlambatnya tindak penyelamatan.
Kepala Sub Bidang Penanggulangan dan Bantuan Teknis pada BPBD Kabupaten Serang, Hotman Siregar mengatakan, menjelang libur panjang hari raya Idul Fitri biasanya pengunjung Kawasan Wisata Pantai Anyar baik yang datang ke hotel atau pantai akan membludak.
“Mereka yang datang beragam ada yang bisa berenang dan tidak sehingga sangat berpotensi adanya kecelakaan pantai yang menimpa para wisatawan itu,” ujarnya.
Ia menambahkan, meski penanggulangan bencana merupakan tupoksi dari pihaknya namun BPBD juga memiliki keterbatasan saat wisatawan bermain di pantai yang menjadi fasilitas hotel. Biasanya, pihaknya sulit masuk lantaran pihak hotel memberlakukan batas terlarang bagi wisatawan yang bukan tamu hotel.
“Kalau di pantai terbuka kami jaga langsung, tapi yang di pantai hotel sulit karena yang boleh masuk hanya tamu hotel saja. Sehingga kalau ada wisatawan yang terseret ombak kami kesulitan untuk memantaunya. Ditambah saat libur panjang itu, wisatawan membludak sehingga fokus kami terbagi,” katanya.
Oleh karenanya, untuk menjamin keamanan wisatawan BPBD mewajibkan agar hotel penyedia fasilitas kolam renang dan pantai untuk menyediakan life guard. Minimal life guard yang harus disediakan adalah satu di masing-masing kolam renang, sedangkan untuk pantai disesuaikan dengan luas fasilitas pantai.
“Kalau ada life guard, pertolongan pada korban kecelakaan bisa cepat direspon sehingga potensi timbulnya korban jiwa bisa ditekan,” ungkapnya seraya mengatakan pihaknya sudah memberikan sosialisasi kepada pihak hotel terkait hal tersebut.
Dewan Pembina PHRI Kabupaten Serang, Hardomo mengaku, peraturan tersebut sudah dilaksanakan seluruh hotel yang masuk dalam keanggotaan PHRI. Selain life guard, pihaknya sudah memasang rambu-rambu keselamatan di beberapa titik pada pantai yang menjadi fasilitas hotel.
“Itu sudah pasti kita terapkan, life guard sudah ada dan selalu stand by. Rambu-rambu keselamatan seperti larangan berenang lebih dari 20 meter dari bibir pantai pun sudah kami pasang dan peringatan secara lisan kepada tamu hotel selalu kami sampaikan,” tuturnya.(dwa/bnn)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Pengusaha Hotel Wajib Sediakan Life Guard"

Posting Komentar