Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Pemkot Sediakan Rp 4,7 Miliar Pencairan Gaji Ke-13 Tunggu PP

SERANG – Menjelang pembayaran gaji ke-13 dan 14 tahun 2016 PNS di lingkungan Pemkot Serang, DPKD Kota Serang menyediakan anggaran sebesar Rp 47,5 miliar.
Meski demikian, belum ada kepastian kapan cairnya gaji tambahan bagi PNS tersebut, karena proses pencariannya masih menunggu Peraturan Pemeritah (PP).
“Total anggaran yang disediakan untuk membayar gaji ke-13 dan ke-14 masing-masing sekitar Rp 23,7 miliar atau totalnya Rp 47,5 miliar,” ungkap kepala DPKD Kota Serang, Adang Darmawan kepada wartawan, Kamis (2/6).
Dia menerangkan, pembayaran gaji ke-13 tahun ini meningkat hampir lima persen dibandingkan 2015 lalu yang hanya mencapai Rp 22,6 miliar. Peningkatan ini disebutkan Adang, terkait adanya PNS yang baru diangkat dan penambahan PNS di beberapa SKPD.
Adang menjelaskan, untuk mekanisme pencairan gaji tersebut dilakukan melalui rekening masing-masing pegawai seperti pencairan gaji bulanan biasanya. “Kalau waktu pencairan, kita masing menunggu PP (Peraturan Pemerintah, red) karena kalau kita mendahului pemerintah pusat takutnya salah,” kata Adang.
Lebih lanjut Adang menjelaskan, gaji tersebut berasal dari Dana Alokasi Umum APBD 2016 dan akan dibagikan kepada sekitar 5.300 PNS di Pemkot Serang, termasuk guru. “Biasanya gaji ke-13 itu keluar pas masuk tahun ajaran baru, karena memang peruntukannya membantu PNS yang memiliki anak yang masih sekolah. Sedangkan gaji ke-14 adalah THR atau merupakan dana kemahalan, yakni dampak inflasi yang biasanya menjelang Idul Fitri,” katanya.
Sekedar diketahui, pencairan gaji ke-13 dan ke-14 untuk PNS tidak akan bersamaan, karena harus disesuaikan dengan kondisi keuangan negara. Gaji ke-14 yang disebut sebagai THR akan cair terlebih dahulu, yakni bulan ini. Untuk gaji ke-14 ini hitungannya adalah satu kali gaji pokok, tanpa tunjangan.
Sedangkan gaji ke-13 akan cair pada Juli 2016. Gaji ke-13 besarannya adalah satu kali gaji pokok ditambah dengan tunjangan. THR dan gaji ke-13 ini adalah untuk PNS, anggota TNI/Polri dan pensiunan.(ned/mor/bnn)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemkot Sediakan Rp 4,7 Miliar Pencairan Gaji Ke-13 Tunggu PP"

Posting Komentar