Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Pemkab Serang Bakal Terapkan Sistem Zonasi Perusahaan Bertanggung Jawab Atasi RTLH

Ilustrasi.(NET)

SERANG – Pemerintah Kabupaten Serang mencari solusi tambahan untuk mengurangi Rumah Tidak Layak Huni (RTHL) yang saat ini masih banyak. Langkah tersebut di antaranya menerapkan zonasi penanganan kepada perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Serang.
Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan, kemampuan pendanaan Pemkab Serang untuk memberantas RTLH masih masih minim. Untuk itu, dirinya ingin menggandeng pihak perusahaan agar turut membantu.
“Dari data yang saya terima RTLH di Kabupaten Serang itu ada sekitar 12.000 lagi. Ini harus segera dituntaskan karena menjadi bagian indikator IPM soal kemiskinan dan kesehatan. Ini menjadi tanggung jawab semua pihak sehingga saya akan merangkul perusahaan melalui program CSR-nya,” ujarnya.
Ia menuturkan, dalam pelaksanaanya pemkab akan melakukan zonasi RTLH yang menjadi daerah tanggung jawab perusahaan. “Jadi nanti RTLH di sekitar perusahaan menjadi tanggung jawab perusahaan. CSR-nya jadi benar-benar disalurkan untuk warga sekitar, bukan lagi semisal perusahaan di Kragilan tapi bantuan disalurkan di Bojonegara,” katanya.
Saat ini, kata dia, untuk program tersebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan BJB. Bahkan dia telah menawarkan kepada bank pembangunan daerah itu untuk mengklaim satu kampung sebagai Kampung BJB.
“BJB kan memang rutin setiap tahun menyalurkan CSR-nya lewat pemkab. Nant kita arahkan CSR-nya ke RTLH juga, nanti BJB pilih satu kampung untuk program itu, nanti mau dilabeli Kampung BJB ya Silakan,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala DTRBP Kabupaten Serang, Farchi Fatoni berharap, bantuan yang nantinya dimaksud dari perusahaan bukan berupa uang.
“Bantuannya itu misal berupa barang dan tenaga saja dan perusahaan bertanggung jawab hingga rumah itu jadi layak huni. Jangan memberi uang ke pemilik RTLH,” tuturnya.
Untuk menjaga akurasi RTLH pihaknya pun kini sedang melakukan pendataan ulang. Ia menjamin, hasil pendataan merupakan data yang valid karena akan dituangkan dalam sebuah sistem.(ava/yul)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Pemkab Serang Bakal Terapkan Sistem Zonasi Perusahaan Bertanggung Jawab Atasi RTLH"

Posting Komentar