Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Korlantas Mabes Polri Sidang di Pelabuhan Merak Pemudik Dihimbau Nyebrang Siang Hari

Kaden Wal Korlantas Mabes Polri, Kombes Pol Raden Heru Prakoso dan jajaran otoritas pelabuhan meninjau persiapan arus mudik di Pelabuhan Merak, Jumat (9/6).

CILEGON – Korlantas Mabes Polri meninjau langsung Pelabuhan Merak untuk melihat persiapan arus dan juga angkutan Lebaran di pelabuhan terbarat Pulau Jawa.
Kaden Wal PJR Korlantas Mabes Polri, Kombes Pol Raden Heru Prakoso mengatakan, setelah mendapat gambaran tentang persiapan arus mudik dari otoritas Pelabuhan di Merak, pihaknya akan langsung melaporkan persiapan yang dilakukan kepada pimpinan di Korlantas Mabes Polri. Sebagaimana gambaran yang disampaikan, kata Kaden Wal Korlantas, pihaknya akan menyikapi kondisi pemudik yang akan menyeberang pada malam hari.
“Kita tadi sudah mendapat gambaran, ini kita akan memberikan masukan ke Bagop korlantas tetang situasi di Pelabuhan Merak. Tadi, kita dapat masukan, bahwasanya kebiasaan masyarakat ini saat menggunakan kapal ferry biasanya menyeberang saat malam hari bukan. Makanya saya bilang ke pak Kapolsek, nanti setelah hasil rapat ini bisa disosialisasikan ke masyarakat. Supaya masyarakat bisa berpikiran tidak mudik saat malam hari,” ungkapnya, Kamis (9/6).
Kaden Wal menyatakan, pihaknya sepakat dengan otoritas yang terlibat dalam mempersiapkan angkutan Lebaran mendatang, pihaknya akan menghimbau kepada pemudik untuk melakukan perjalanan saat siang hari. Karena bila perjalanan mudik dilakukan saat malam hari, kemungkinan akan menimbulkan kepadatan pemudik yang tinggi di Pelabuhan Merak.
“Dalam 1 hari saya dapat informasi ada 7 ribu pemudik kendaraan yang menyeberang. Kapal memang cukup untuk menyeberangkan penumpang, dengan kapasitas diatas 5ribu GT. Nah, kalau semua menumpuk pada malam hari dan tidak bisa menampung, nanti malah bisa menyebabkan antrean panjang,” terangnya.
Ia meminta agar sosialisasi ini juga dapat dibangun oleh awak media untuk menyampaikan pesan sosial itu. “Makanya kita menghimbau agar pemudik dapat menyeberang saat siang hari. Ini himbauan kami ke masyarakat, kepada rekan-rekan media ini juga dapat dibantu untuk disosialisasikan,” tandasnya.
Terkait strategi ampuh bilamana terjadi penumpukan kendaraan, kata Heru, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Polda Banten untuk menyiapkan strategi rekayasa lalu lintas. Hal itu dipandang perlu agar penumpukan kendaraan dapat diminimalisir saat arus mudik.
“Memang dari Polda Banten dan Korlantas sudah koordinasikan bilamana ada kepadatan. Bila ekornya sudah mendekati keluar pintu tol Merak, rekan-rekan sudah tahu cara mengantisipasinya. Artinya ada pola pengalihan-pengalihan arus,” ujarnya.
Bila terjadi hingga masuk kedalam gerbang Tol, kata Heru, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pengelola tol, PT Marga Mandala Sakti. Rekayasa lalin bukan hanya dilakukan di jalan arteri, kata Heru, bila terjadi antrean, rekayasa lalin di dalam tol juga diantisipasi sedini mungkin.
“Kita juga koordinasi di dalam tol dengan teman-teman di satuan lalu lintas yang ada di polda, untuk mengalihkan kepadatan ke jalan arteri untuk menampung. Kalau tidak menampung juga, kita menunggu digerbang tol antrean dengan menambah pintu tol antrean. Yang sebelumnya satu (pintu) kita tambah menjadi dua pintu,” tandasnya.
Sementara itu, GM ASDP Merak, Tommy Kaunang menjelaskan, peran media dalam mensosialisasi mudik siang hari dinilai cukup ampuh untuk mempengaruhi pola mudik yang dilakukan pemudik. Dengan begitu, arus mudik saat malam hari dan siang hari dapat merata dan tidak terjadi penumpukan penumpang.
“Akan kita coba untuk mensosialisasikan himbauan lewat media massa. Kita menghimbau pemudik dapat mudik saat siang hari. Mudah-mudahan, ada perubahan kultur dari malam hari ke siang hari,” terangnya.
Sementara itu, Kepala Otoritas Pelabuhan dan Penyeberangan (OPP) Merak, Harno Trimadi menjelaskan, terkait pola perjalanan pemudik saat Lebaran, pihaknya juga berpandangan sama dengan pihak lainnya untuk menghimbau agar pemudik dapat berjalan saat siang hari. Dengan begitu tidak terdapat penumpukan penumpang saat puncak arus mudik nanti.
Dengan bantuan media, kata Harno, harapan itu diyakini dapat mengubah pola pemudik yang sebelumnya berangkat malam hari dapat memilih untuk mudik pada saat siang hari.
“Kita tahu dominasi kepadatan pemudik saat malam hari. Tidak ada cara lain, kita menghimbau kepada pemudik saat siang hari. Peran media untuk membantu mensosialisasikan ini sangat kita butuhkan, agar pesan dapat sampai kepada pemudik,” tandasnya.(nal/bnn)RONALD SIAGIAN/TANGSEL POS)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Korlantas Mabes Polri Sidang di Pelabuhan Merak Pemudik Dihimbau Nyebrang Siang Hari"

Posting Komentar