Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Honor RT/RW Naik Rp 750 Ribu


SERPONG – Usai mengesahkan enam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi Perda pada pekan lalu, giliran DPRD Tangsel mengajukan Raperda inisiatif ke Pemkot Tangsel. Salah satunya yakni, perlunya payung hukum terkait RT dan RW.
Raperda Inisiatif tentang Rukun Tetangga (RT) / Rukun Warga (RW) itu diajukan oleh Komisi I DPRD Tangsel. Dan saat ini Raperda tersebut tinggal menunggu tanggapan dari Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany.
Ketua Komisi I DPRD Tangsel, Taufik MA mengatakan dibuatnya Raperda tersebut untuk mengatur tugas dan fungsi RT/RW agar lebih profesional lagi. Karena RT/RW merupakan ujung tombak pemerintah dalam mendekatkan diri ke masyarakat dan juga dalam hal penampung aspirasi masyarakat.
“Struktural RT/RW sangat penting, mereka adalah ujung tombak pembangunan daerah. Makanya kami mengusulkan dan membuat Raperda RT/RW ini agar mereka lebih dikelola dan berkerja secara profesional,” ujarnya.
Secara profesional itu, menurut Taufik, seperti masa jabatan RT/RW tidak ada aturan pastinya. Misalnya saja, ada RT atau RW yang menjabat sampai lebih dari 15 tahun atau ada yang baru menjabat 2 tahun tetapi sudah berhenti.
Dan hal itu dianggap kurang efisiensi untuk Tangsel yang semakin maju dan telah menjadi kota metropolitian. Sehingga perlu regulasi baru agar struktural RT/RW lebih kekinian.
“Dengan mengatur secara profesional ini, maka struktural RT/RW lebih independent dan profesioanl, jika kita melihat sebelumnya seakan-akan jabatan RT/RW hanya alat politik saja. Tetapi kini kita atur lebih baik lagi agar tetap pada tugas utama mereka,” ujar politisi Partai Gerindra ini.
Selain itu insentif atau honorium RT/RW juga akan dinaikan dalam Raperda itu. Dari awalnya sekitar Rp 100 ribu per bulan, kini dinaikan lebih dari Rp 200 ribu per bulannya.
“Honor juga kita naikan, kita ingin meMbuat mereka itu harus lebih diperhatikan lagi oleh pemerintah. Dan untuk honornya akan dibayarkan per tiga bulan sebesar Rp 750 ribu,” tuturnya.
Ketua DPRD Kota Tangsel, Moch Ramlie mengatakan dari Raperda Inisiatif ini juga membuktikan bahwa banyak aspirasi dari tingkat linkungan yang masuk ke DPRD Tangsel sehingga dibuatlah Raperda tersebut.
Dia juga mengatakan langkah selanjutnya akan terus berkoordinasi dengan Pemkot Tangsel untuk kajian dan pembahasan lebih lanjut mengenai Raperda inisiatif tersebut. “Kita juga akan koordinasi dengan Pemkot Tangsel agar dalam kajiannya sesuai. Tinggal nanti kita lihat sepertai apa tanggapan atau pandangan walikota terhadap Raperda inisiatif ini,” kata politisi Partai Golkar ini.(dra)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Honor RT/RW Naik Rp 750 Ribu"

Posting Komentar