Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

BPMPPKB Tangsel Ajak Pria Gunakan KB

Kepala Badan BPMPPKB Kota Tangsel Apendi memberikan sambutan sekaligus membuka acara Pembinaan Motivator KB Pria di BSD, Rabu (1/6).
SERPONG – Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPPKB) Kota Tangsel mengajak para pria untuk dapat berpartisipasi dalam memajukan Keluarga Berencana (KB). Salah satunya melalui penggunaan KB pria.
Untuk meningkatkan pengguna KB pria, BPMPPKB Tangsel menggelar Pembinaan Motivator KB Pria di Telaga Seafood, Serpong, Tangsel pada Rabu (1/6).
“Selama ini yang kita tahu bahwa KB itu sering digunakan oleh wanita, padahal pria juga bisa. Jadi kita membina para motivator ini agar dapat menyebarkan kepada pria lain tentang program KB,” ujar Kepala BPMPPKB Tangsel, Apendi.
Lanjutnya, kegiatan ini merupakan upaya pemerintah untuk mensukseskan KB. Sebab, program KB bisa dilalui dari segala lini. Jika wanita sudah biasa, maka pria kali ini diberikan pemahaman tentang KB.
“Motivator yang sudah kita bina ini, nantinya membantu untuk menginformasikan kepada masyarakat lain apa itu makna dari KB. Sehingga masyarakat pria lain mau menggunakan KB. Intinya untuk mengendalikan dari pihak laki-laki,” paparnya.
Dia berharap, masyarakat Tangsel bisa mencegah angka kelahiran yang tinggi. “Cukup dengan dua anak, yang terpenting berkualitas. Dibandingkan anak banyak tapi tidak berkualitas,” katanya.
Kasubid Pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi Yuni Lia Astuti menjelaskan kepada para pria agar dapat menggunakan KB secara benar. Dia pun meminta kepada para motivator untuk mengenalkan dan mengajak pria didaerahnya agar menggunakan KB.
“KB Pria terdiri dari dua macam, yakni kondom dan metode operasi pria (mop) atau fasektomi. KB kondom memang sering digunakan oleh lelaki, namun efektifitasnya kurang,” jelasnya.
Bagi pria yang berusia 45 hingga 50 tahun yang sudah memiliki anak diatas 2 orang direkomendasikan untuk menggunakan fasektomi. Karena efektifitasnya lebih tinggi dibandingkan kondom.
“Jika istri menggunakan pil KB dan lupa meminumnya maka pria harus mencegahnya dengan menggunakan kondom. Namun penggunaan kondom pun harus sekali pakai saja,” jelas Yuni.
Yuni mengatakan bahwa kondom merupakan alat untuk mencegah terjadinya penularan penyakit kelamin maupun penyakit lainnya yang dapat timbul melalui hubungan badan.
Sementara, Kepala Bidang Keluarga Berencana Ellen Hutabarat mengatakan pihaknya sangat menganjurkan pria menggunakan fasektomi jika memenuhi syarat usia diatas 45 tahun dan sudah lebih dari 2 anak.
“Jumlah KB Pria kota Tangsel ditargetkan setiap tahun harus mendapatkan fasektomi sebanyak 29 orang. Namun hingga 1 Juni 2016 ini kita baru dapat 9 orang,” beber Ellen.
Dilokasi yang sama, salah seorang warga Tangsel, Medi (50) mengutarakan bahwa dirinya sudah menggunakan KB Pria dengan jenis fasektomi selama empat tahun.
“Sama saja seperti tidak menggunakan KB, sebab tidak ada efek sampingnya. Dari awal hingga sekarang tidak ada keluhan yang saya rasakan,” ujar pria beranak dua ini.(irm)
(DEMY SANJAYA/TANGSEL POS)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BPMPPKB Tangsel Ajak Pria Gunakan KB"

Posting Komentar