Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Batas Maksimal Rp 3,7 Juta per Orang, Penukaran Uang receh Mulai 20-23 Juni

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Banten, Budiharto Setyawan sedang memegang
uang pecahan dua ribuan dalam acara konferensi pers yang diadakan di Kantor BI, Kaujon, Kota Serang, Rabu (15/6).(DZIKI OKTOMAULIYADI/BNN)

SERANG – Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten akan segera membuka layanan penukaran uang receh kepada masyarakat. Rencananya, kegiatan yang diselenggarakan tiap tahun di bulan Ramadan ini mulai dibuka pada 20 hingga 23 Juni.
Kepala Perwakilan BI Banten Budiharto Setyawan menjelaskan, biasanya penukaran uang receh dilaksanakan di kantor BI namun kali ini akan digelar di Alun-alun Barat Kota Serang, sebab uang receh tersebut telah dititipkan di Kas Titipan BI yang dikelola Kantor Cabang Khusus (KCK) PT Bank BJB Serang.
“Kami telah melakukan berbagai persiapan untuk memenuhi kebutuhan uang tunai periode Ramadan dan Idul Fitri 1437 H, termasuk di KCK BJB Serang, baik dari segi jumlah maupun pecahan yang dibutuhkan oleh masyarakat dengan cara mengoptimalkan distribusi dan persediaan uang tunai. Secara nominal, totalnya sekitar Rp 55 miliar yang diperuntukan memenuhi kebutuhan penarikan menjelang Lebaran tahun 2016 ini,” ungkap Budi, Rabu (15/6).
Kata dia, penukaran uang receh tersebut, dilakukan secara serempak bersama perbankan lainnya seperti BCA, BNI, BRI, Mandiri, Bank Muamalat. “Silahkan catat jadwal dan tempatnya. Adapun pelayanan penukaran uang kepada masyarakat diberikan maksimal Rp 3,7 juta, yang terdiri dari 1 pak pecahan Rp 20 ribu, 1 pak pecahan Rp 10 ribu, 1 pak pecahan Rp 5 ribu dan 1 pak pecahan Rp 2 ribu,” paparnya.
Untuk waktu penukaran, dimulai pukul 09.00 WIB dan akan berakhir bilamana kartu antrian telah mencapai maksimal 200 orang penukar atau waktu telah menunjukkan pukul 12.00 WIB. “Untuk mensosialisasikan hal ini, kami juga telah menyebarkan pamphlet,” ujar dia.
Selain dapat melakukan penukaran uang di Alun-alun Kota Serang, lanjutnya, masyarakat juga dapat melakukan penukaran di KCK PT Bank BJB Serang dan perbankan tanpa dipungut biaya apapun.
“Dengan adanya layanan penukaran uang oleh Kas Titipan Bank Indonesia dan perbankan, masyarakat diimbau agar tidak melakukan penukaran uang melalui calo maupun perantara lainnya, mengingat terdapat risiko atas kegiatan tersebut, seperti tidak adanya jaminan ketepatan jumlah uang yang ditukar, kemungkinan menerima uang palsu maupun adanya pungutan biaya,” tutur Budi.
Dijelaskan Budi, selain kegiatan tersebut, pihaknya juga bekerjasama dengan berbagai pihak seperti Pemda, Perbankan, BMPD, Bulog, Instansi terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, TPID Provinsi dan TPID Kota/Kabupaten, Kepolisian dan stakeholder lainnya untuk menstabilkan harga dalam rangka pengendalian inflasi.
“Upaya yang telah dilakukan selama ini antara lain operasi pasar, pasar murah atau bazar murah, pembagian bahan pokok secara gratis. Namun mulai tahun ini bekerja sama dengan TPID Provinsi maupun TPID Kota/Kabupaten. Serta Bulog melakukan penjualan kebutuhan pokok di bawah harga pasar melalui ‘Warung TPID’,” katanya.
Launching kegiatan warung TPID, sambungnya, telah dilakukan pada 22 Mei 2016 di Alun-Alun Kota Serang yang dibuka oleh Asda II Provinsi Banten dan Asda II Kota Serang. Kegiatan warung TPID ini akan terus dilakukan baik di bulan Ramadhan maupun bulan lainnya.(yul)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Batas Maksimal Rp 3,7 Juta per Orang, Penukaran Uang receh Mulai 20-23 Juni"

Posting Komentar