Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Tahap Pertama 10 Hektar Pembebasan Lahan RS Jiwa Dimulai Tahun ini

SERANG – Pemerintah Provinsi Banten akan melakukan pembebasan lahan untuk pembangunan Rumah Sakit Jiwa yang berlokasi di Walantaka Kota Serang. Untuk tahun ini, rencananya hanya dialokasikan untuk 10 hektar.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banten M. Yanuar menjelaskan, pihaknya hanya membuat master plan dan regulasi pembangunan RS Jiwa. Sementara terkait pembayaran dan dana yang dibutuhkan bukan di ranah Dinkes.
“Tahun ini Pemprov Banten hanya mengalokasikan anggaran untuk pembebasan lahan seluas 10 hektar. Itu pun pembayaran dan hitung-hitung anggarannya bukan kami yang melakukan,” ungkapnya, kemarin.
Sementara terkait pembangunan fisik, mantan Kepala Bappeda ini menerangkan, akan mengikuti arahan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yakni membuat regulasi terlebih dahulu.
“Kami akan membuat regulasi dalam bentuk payung hukum untuk menyediakan sumber daya manusia, sarana dan prasarananya,” ujarnya.
Jangan sampai, kata dia, ketika pembangunan itu berjalan, sumber daya serta sarana dan prasarananya belum tersedia sehingga akhirnya tidak bisa digunakan.
“Namanya juga Rumah Sakit Jiwa Daerah Banten, yaitu rumah sakit rujukan yang minimal bertipe B. sedangkan puskesmas merupakan pelayanan kesehatan primer bagi masyarakat. Artinya, Rumah Sakit Jiwa Daerah Banten memiliki sarana dan prasarana yang memadai, serta memiliki kapasitas tempat tidur sebagai 200 buah,” kata Yanuar menjelaskan.
Dalam kesmepatan itu, Yanuar juga mengaku, secara admisnitrasi dan persyaratan lainnya pendirian Rumah Sakit Jiwa Daerah Banten sudah selesai dan merupakan amanat Undang-undang yang menyatakan satu provisni harus memiliki satu rumah sakit jiwa.
“Regulasi yang ingin kami buat dalam bentuk perda, yaitu memberikan beasiswa pendidikan bagi putra-putri Banten dengan melibatkan instansi terkait. Seperti yang dilakukan Kabupaten Tangerang yang mendirikan RSUD dengan menyekolahkan putra-putri daerah, yang kemudian dipekerjakan di RSUD Tangerang, sehingga SDM-nya sudah ada,” imbuhnya.(yul)
Sumber :http://tangselpos.co.id/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahap Pertama 10 Hektar Pembebasan Lahan RS Jiwa Dimulai Tahun ini"

Posting Komentar