Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Siti Akbari Sumringan Warganya Berobet Lebih Dekat Dinkes Tangsel Siapkan Sarana Puskesmas Bambu Apus

Warga Kelurahan Bambu Apus kerja bakti di lingkungan gedung Puskesmas yang ditargetkan Dinkes sebagai rawat inap.
PAMULANG – Warga Kelurahan Bambu Apus, Pamulang sumringah. Di lingkungannya telah berdiri kokoh bangunan Puskesmas, sehingga bakal bisa memperoleh pelayanan kesehatan dekat dengan lingkungan tempat tinggalnya. Puskemas tersebut menggantikan Puskesmas Pembantu (Pustu) yang dahulu pernah dibongkar.
Pustu semula berdiri menempel dengan Gedung Kelurahan Bambu Apus. Namun kantor kelurahan direvitalisasi untuk perluasan dan peninggian bangunan, akhirnya Pustu tidak dioperasikan kembali. “Pastu pernah beroperasi untuk melayani warga. Karena tidak ada lahan lagi di samping kelurahan maka akhirnya ditutup,” kata Lurah Bambu Apus Siti Akbari, akhir pekan kemarin.
Tutup bukan berarti pelayanan tidak ada, tapi masyarakat diarahkan mendapat pelayanan kesehatan pada Puskesmas Benda Baru yang berlokasi di perumahan Vila Dago di bawah kepemimpinan Bidan Yayah Samsiyah. “Pelayanan kesehatan Bambu Apus akhirnya digabung dengan Puskesmas Benda Baru. Bagi warga Bambu Apus yang membutuhkan pelayanan harus datang kesana,” ujar mantan Kasi Pemerintahan Kecamatan Pamulang ini.
Saat ini, di atas lahan fasos fasum, seluas kurang lebih 2 ribu meter persegi telah berdiri kokoh Puskemas Bambu Apus. Guna menjaga bangunan supaya rapi, Siti Akbari mengajak pegawainya dan tokoh masyarakat turut kerjabakti. “Kami melakukan kerja bakti guna merawat lingkungan gedung Puskesmas Bambu Apus yang akan ada penggarapan lanjutan pada tahun ini,” tambah Siti disela kegiatan kerjabakti.
Dengan menggunakan 2 alat potong rumput untuk meratakan rumput di pelataran puskemas, sebagian dari puluhan orang turut membersihkan buritan Puskemas dan sekelilingnya. Ditargetkan Puskemas Bambu Apus dijadikan rawat inap.
“Kabarnya Puskemas ini bakal jadi rawat inap. Rencana ini bagian dari program Pemerintah Kota Tangsel kedepan 30 puskemas rawat inap,” tambah Siti.
Jumlah penduduk Kelurahan Bambu Apus ada 25 ribu. Diharapkan puskemas yang berlokasi di RT 06/06 Vila Pamulang Mas ini mampu memberikan dambaan warga dalam menunjang kesehatan dan informasinya tahun ini akan ada pembangunan kembali.
“Kabar yang kami terima, tahun ini akan dilanjutkan pembangunanya. Fokus pembangunan pada pemagaran dan pembuatan lahan parkir,” imbuh wanita murah senyum ini.
Sehingga, akhir tahun 2016 kondisinya rapi, sumber daya manusianya siap demikian alat medis pendukung progran puskemas telah dipersiapkan. Maka memasuki tahun 2017 Puskemas Bambu Apus buka untuk beroperasi.
“Mudah-mudahan akhir tahun rampung dan tahun 2017 bisa dioperasikan. Itulah harapan kami beserta warga khususnya Bambu Apus,” imbuh Siti Akbari.
Gedung Puskemas Bambu Apus, dikabarkan pengerjaanya sejak 2015. Untuk peresmian akan dibarengkan dengan Puskemas Pondok Cabe Ilir, Bambu Apus dan Pondok Pucung, Pondok Aren dalam program RPJMD 2011-2015 30 puskesmas rawat inap. “Bisa jadi peresmianya bersamaan dengan puskemas Pondok Cabe Ilir dan Puskemas Pondok Pucung,” Siti mengira-ngira.
Bangunan kokoh mengkilap dengan cat, menghadap ke barat. Tak jauh dari lokasi puskemas terdapat lapangan milik warga Vila Pamulang Mas yang kabarnya dikelola oleh Karang Taruna RW 06.
Apabila Puskemas Bambu Apus sudah dibuka beroperasi, warga tak lagi jauh-jauh berobat ke Puskesmas Banda Baru berlokasi di Vila Dago.
Sekretaris Dinas Kesehatan Tangsel Khaerati menuturkan, pada tahun ini akan diselesaikan pengerjaan Puskemas Bambu Apus. Garapan yang akan diselesaikan terkait finishing seperti pemagaran dan pembuatan lahan parkir. “Tahun ini akan diselesaikan, sehingga tahun 2017 sudah dapat ditempati. Arahnya akan menjadi rawat inap, tapi nanti untuk sementara dimanfaatkan rawat jalan,” katanya.(din)
Sumber : (SUDIN ANTORO/TANGSEL POS)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siti Akbari Sumringan Warganya Berobet Lebih Dekat Dinkes Tangsel Siapkan Sarana Puskesmas Bambu Apus"

Posting Komentar