Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Perwal Dilarang Merokok Mandul, Siap-siap Terbitkan Perda


PAMULANG – Peraturan Walikota (Perwal) kawasan tanpa asap rokok di Kota Tangsel sudah diberlakukan sejak setahun lalu. Namun lantaran ‘mandul’, akhirnya Pemkot mencetuskan Peraturan Daerah (Perda) serupa.
Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany menegaskan jika larangan merokok di tempat umum pada dasarnya sudah ada regulasinya melalui Perwal pada tahun lalu. Aturan itu telah disebar luaskan ke berbagai instansi dan mitra pemerintah.
“Mudahan dengan Perda menjadi lebih kuat lagi dalam larangan merokok di tempat umum karena ada punishment yang mengaturnya,” kata Airin.
Nantinya di kantor pemerintahan seperti kelurahan, kecamatan, dan instansi diberlakukan larangan merokok. Bagi siapa yang melanggarnya, maka bakal dikenakan sanksi. Di kantor-kantor pemerintahan itu juga bakal disediakan tempat khusus merokok.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel, Suharno menegaskan tujuan dilahirkannya Perda Kawasan Tanpa Rokok adalah bagian dari inovasi untuk mencegah terjangkitnya penyakit melalui zat adiktif dari nikotin rokok. Melalui Perda maka masyarakat dilarang merokok dengan sembarangan.
“Yang paling dominan terserang penyakit berbahaya mulai usia produksif 15 tahun sampai usia lanjut. Ini yang harus dicegah jangan sampai dibiarkan,” katanya.
Selain kantor pemerintahan, larangan merokok juga diberlakukan di kawasan pendidikan, dan pusat perbelanjaan. Jika hendak merokok harus berada di area yang telah disediakan oleh pengelola gedung, “Bagi pelanggar Perda akan dikenakan sanksi namun besarannya saya belum bisa merinci. Petugas yang menangani adalah PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil),” pungkas Suharno.
Suharno menambahkan sarana dan prasarana untuk mendukung kawasan tanpa asap rokok itu akan terus dibenahi sambil diberlakukannya Perda. “Soal sarana dan prasarana sambil jalan dibenahi. Maka dari itu lahirnya Perda ini membuat regulasi apa saja pendukung kegiatan larangan merokok,” tambahnya.

Anggota DPRD Kota Tangsel, Sihabudin Hasyim menuturkan dewan sebagai legislatif tentunya mendukung penuh terkait regulasi ini dengan harapan keseriusan pemerintah dan dewan melekat sampai pada penerapan di masyarakat.
“Intinya larangan merokok di tempat umum dan tempat tertentu. Fungsi adanya regulasi adalah mengatur. Untuk itu dengan nantinya keluar aturan, maka harus diatur dengan sebaik-baiknya,”beber Sihabudin.(din)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perwal Dilarang Merokok Mandul, Siap-siap Terbitkan Perda"

Posting Komentar