Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Lindungi Konsumen, Disperindag Tangsel Sosialisasi Pengawasan Barang ke 100 Pedagang

SERPONG – Dalam rangka program perlindungan konsumen dan pengamanan perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel menggelar Sosialisasi Kebijakan Pengawasan Peredaran Barang dan Jasa di Aula Kantor Kecamatan Serpong Utara, Tangsel,Rabu, 18 Mei 2016.
Sosialisasi ini diberikan kepada 100 pedagang yang berada di wilayah Kecamatan Serpong Utara. Pedagang ini berasal dari berbagai macam lokasi, mulai pasar, toko, dan sebagainya yang mayoritas menjual makanan.
“Kegiatan ini sengaja kami gelar dalam rangka menghadapi bulan Ramadhan. Untuk mengawal Undang undang nomor 8 tahun 1999. Dimana dalam Undang undang tersebut terdapat ketentuan bahwa barang yang beredar harus bertanda Standar Nasional Indonesia (SNI),” ungkap Abdul Rahman, Kasie Pengawasan Barang dan Perlindungan Konsumen pada Disperindag Tangsel.
Selain SNI, kata Abdul, para pedagang juga harus memenuhi label dan ketentuan manual garansi. Dalam sosialisasi tersebut, pedagang juga diberikan pemahaman tentang apa saja yang boleh dijual dan tidak boleh dijual.
Disperindag mengundang Polres Tangsel, Satpol PP dan Dinas Kesehatan sebagai narasumber untuk memberikan penjelasan kepada peserta sesuai dengan tupoksinya.
“Seperti halnya polres yang bertugas juga untuk mengawasi para pedagang agar tidak melanggar aturan. Materi yang diberikan adalah tentang penegakan hukum sesui dengan undang undang nomor 8 tahun 1999,” jelasnya.
Sedangkan Dinas Kesehatan memberikan pemaparan tentang masa berlakunya kadaluarsa. Juga pelarangan bahan makanan yang terbuat dari bahan berbahaya seperti pewarna tekstil, boraks, formalin, dan bahan berbahaya lainnya.
“Saat ini kita berikan sosialisasi kepada para pedagang tentang tata cara berjualan yang baik dan benar. Nantinya kita juga akan melakukan pengawasan barangnya melalui tim terpadu yang akan kita bentuk,” jelasnya.
Tim terpadu terdiri dari Disperindag, Dinas Kesehatan, Polres Tangsel, Dinsosnakertrans, Satpol PP, BPOM, BPSK, dan Kecamatan.
“Jika kedapatan ada barang terlarang yang dijual maka kami akan membawanya. Makanya sebelum itu terjadi kita lakukan sosialisasi ini,” pungkasnya.
Sementara, Kabid Ketertiban Protokoler dan Hiburan pada Satpol PP Tangsel Oki Rudianto mengatkan bahwa dirinya memaparkan pada peserta sosialisasi mengenai peraturan daerah nomor 4 tahun 2014, pasal 122 yang mengatur tentang minuman keras atau minuman beralkohol.
“Dimana dalam isi tersebut bahwa Pemerintah Kota Tangsel tidak mengeluarkan ijin bagi penjual alkohol. Di Tangsel dilarang memproduksi, menjual, dan mengedarkan minuman beralkohol,” pungkasnya.(irm)
Sumber : Tangsel Pos

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Lindungi Konsumen, Disperindag Tangsel Sosialisasi Pengawasan Barang ke 100 Pedagang"

Posting Komentar