Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

LBH Tangsel Siapkan Bantuan Hukum kepada Warga Miskin

Perayaan satu tahun LBH Tangsel.

SERPONG – Masyarakat Tangsel kini tak lagi khawatir untuk menuntut keadilan. Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Tangsel siap membantu masyarakat kurang mampu mendapatkan keadilan hukum.
Ketua LBH Tangsel Gousta Feriza mengungkapkan, di sela ulang tahun organisasi yang digagasnya itu di Sektor 1.1 Blok 1 no 3, depan Taman Jajan BSD, pada pekan kemarin, selama setahun banyak bantuan hukum diberikan kepada masyarakat. baik sifatnya musyawarah, perdata hingga pidana. “Kami memiliki tiga fungsi pertama advokasi masyarakat, fungsi mediasi dan dan lidigasi diluar pengadilan,” katanya.
Dalam kurun selama satu tahun setidaknya ada 5 kasus ada pidana, perdata dan kekerasan dalam rumah tangga yang ditangani hingga tuntas oleh LBH Tangsel. Menurutnya banyak kasus bisa diselesaikan, misalkan perkara dengan pemerintah kota seperti sengketa lahan dan lain-lain. “Telah banyak laporan kepada kami, tapi kami melihat dulu kasusnya karena jika seluruhnya kami advokasi begitu banyak sekali seperti di polres dan lain-lain,” tambahnya.
Ia bertekad LBH Tangsel tidak pernah takut berhadapan dengan Pemkot Tangsel, sebab pranata hukum perlu ditegakan mulai dari aparatur pemerintah dan penegak hukum yakni polisi dan jaksa demi mendapatkan keadilan. “Tidak ada perbedaan di mata hukum, maka kami tidak pernah takut berhadapan depan Pemkot Tangsel jika ada kasus. Kita bekerja secara profesional,” bebernya.
Tujuan daripada pembentukan LBH lebih memberikan ruang kepada masyarakat secara luas dalam menuntut keadilan. Keadilan kerap timpang apabila melihat orang-orang yang kurang mampu, maka demi mendapatkan hak dalam hal ini keadilan butuh advokasi. “Tidak semua pelanggaran hukum yang kami advokasi itu masuknya pada pengadilan. Kami selalu melalui tahapan dari musyawarah jika memang tidak sampai titik temu baru pada pengadilan,” paparnya.
Selain membentuk LBH, ia juga mendirikan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Tunas Unggulan Tangsel (Tuntas). Tugas Unggulan ini memberikan sosialisasi kepada masyarakat, bekerjasama dengan berbagai organisasi kepemudaan.
“Pengurus di dalam Tunas sendiri banyak anak-anak muda yang konsen dalam bidang hukum. Memberikan penyuluhan di berbagai kecamatan kerjasama dengan KNPI,” jelasnya.
Acara yang digelar melalui orasi budaya, mendatangkan akustik, pembacaan puisi turut dihadiri oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Tangsel, Salman Faris, Wakil DPRD TB Bayu Murdani, Veri Muhlis Arifuzzaman, Ketua Forum CSR Tangsel Ali Samson Pane, mantan dewan DPRD Tangsel Heri Sumardi dan tokoh lainnya turut memeriahkan.
Salman Faris dalam kesempatan itu mengatakan hadirnya LBH diharapkan mampu membela rakyat yang tidak mampu namum membutuhkan keadilan. Hukum tidak semua orang paham, maka dari itu sebaiknya jangan melanggar hukum yang ada. “Banyak orang tidak memahami hukum dan mereka melanggarnya, maka dari itu sebaiknya harus melek hukum, tidak berbuat di luar hukum yang ada dalam menghindari munculnya hukum itu sendiri,” pesan Salman.(din)
Sumber : (IRAWAN A/TANGSEL POS)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "LBH Tangsel Siapkan Bantuan Hukum kepada Warga Miskin"

Posting Komentar