Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Kuil Sikh Dua Kali Disegel

KARANG TENGAH – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali menyegel bangunan peribadatan atau kuil yang terletak di Jalan Wana Mulya Utama RT 01/03, Selasa (10/5) siang. Penyegelan terhadap Kuil Sikh Gurdwara Dharma Khalsa tersebut dikarenakan bangunan yang berdiri sejak tahun 2005 itu menggunakan bangunan yang tidak sesuai fungsi atau peruntukannya.
Pantauan di lokasi, sekitar 200 personil gabungan sudah tiba sejak pukul 09.00 WIB. Diantaranya, petugas Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tangerang, Polres Metro Tangerang Kota dan Kodim 05/06 Tangerang. Selain itu tampak hadir kelompok ormas beserta warga yang melakukan aksi demonstrasi mendukung penyegelan.
Asisten Daerah I bidang Tata Pemerintahan Setda Kota Tangerang, Saeful Rohman, mengatakan kegiatan tersebut merupakan penertiban bangunan yang tidak sesuai dengan izin peruntukannya. Yaitu, yang seharusnya izin mendirikan bangunan (IMB) untuk tempat tinggal tetapi dijadikan tempat peribadatan.
“Jadi kita mengarahkan kepada pemiliknya untuk mengembalikan fungsi awalnya yaitu tempat tinggal,” kata Saeful, Selasa (10/5).
Diungkapkan Saeful, sebetulnya bangunan yang dijadikan tempat peribadatan ini sudah dua kali dilakukan penyegelan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang. Namun segel tersebut dirusak oleh pihak yang tidak bertangggung jawab.
“Segel yang pernah dipasang oleh petugas tidak diketahui siapa yang merusak, makanya tadi disegel lagi. Bangunan itu memang memiliki IMB tapi untuk tempat tinggal. Kita minta fungsi itu dikembalikan seperti awalnya,” jelas Saeful.
Saeful menuturkan, pihaknya tidak bisa melaporkan pengrusakan segel ke pihak berwajib karena tidak bisa membuktikan siapa yang mengrusak segel yang pernah dipasang oleh petugas. Pemilik bangunan juga tidak mengakui sehingga dilakukan penyegelan ulang.
“Setelah kita selesai melakukan pertemuan dengan aparat gabungan bersama FKUB dan tokoh masyarakat banguanan itu langsung disegel. Atribut yang berkaitan dengan ritul juga kita minta dicopot,” ujarnya.
Ditegaskan Saeful, kalau nantinya mereka ditemukan kembali melakukan kegiatan ritual seperti biasa, maka pihaknya tidak segan-segan akan metutup total karena mereka juga sudah membuat surat pernyataan siap disegel keseluruhan apabila mengulangi.
“Kita kedepan tetap mengawasi kegiatan mereka. Saya juga meminta jajaran Satpol PP, Kesbangpol, Kecamatan dan Kelurahan untuk terus memantau,” tukasnya.(uis/bnn)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kuil Sikh Dua Kali Disegel"

Posting Komentar