Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Kapasitas 400 Pejalan Kaki, 270 Kendaraan Campuran, Kapal Buatan Perancis Siap untuk Lebaran

Kapal Muatan Penumpang (KMP) Nusa Putera tengah bersandar di Dermaga III, Pelabuhan Merak, Cilegon untuk melakukan uji sandar kapal, Selasa (10/5). (RONALD SIAGIAN/BNN)

CILEGON – Kapal baru milik PT Putera Master Sarana Penyeberangan Mulia bernama lambung Nusa Putera siap melayani penyebrangan di Pelabuhan Merak-Bakauheni untuk menghadapi angkutan Lebaran pada Juli mendatang.
Kapal buatan negara Prancis dengan kapasitas berat muatan 13.863 GT, diketahui merupakan satu dari empat kapal-kapal besar yang ada di Penyeberangan Merak.
Berdasarkan pantauan, untuk memenuhi izin operasi kapal, Kapal Muatan Penumpang (KMP) Nusa Putera menjalani uji sandar di Pelabuhan Merak tepat di Dermaga III sekira pukul 15.00 WIB, Selasa (10/5).
Kapal buatan tahun 1985 itu, mampu memuat dengan kapasitas muatan penumpang maksimal 270 kendaraan campuran dan 400 muatan penumpang pejalan kaki. Paska melakukan uji sandar di Pelabuhan Merak, sekira pukul 16.00 WIB, kapal langsung berlabuh ke Pelabuhan Bakauheni untuk melakukan uji sandar di dermaga yang sama.
Kepala Subdit Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) pada Direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Endi Suprasetio yang dikonfirmasi saat uji sandar mengatakan.
“Saat ini kita melakukan uji sandar KMP Nusa Putera melihat legal aspeknya, terkait dengan fasilitas kapal termasuk menilai proses bongkar muat kapal. Hari ini juga akan kita lakukan uji sandar di Dermaga III Pelabuhan Bakauheni,” ungkapnya.
Endi menyebutkan, bilamana pihaknya tidak lagi menemukan kendala dalam proses uji sandar, proses perijinan untuk kapal dapat dioperasikan sudah bisa dilakukan. Diprediksi sebelum angkutan Lebaran, kapal itu sudah dapat melayani penyeberangan di Pelabuhan Merak-Bakauheni.
“Kalau dari proses ini, tidak ada lagi ada hal-hal yang direkomendasikan. Tinggal menindaklanjuti hal-hal administrasinya dan dapat dikeluarkan izin operasinya. Setelah keluar izin operasi, saya kira bisa digunakan saat lebaran mendatang,” tuturnya.
Endi menyatakan, dengan adanya penambahan KMP Nusa Putera, armada kapal penyeberangan di Pelabuhan Merak tercatat mencapai 59 kapal yang tersedia. Apalagi, kata Endi, Kapal Nusa Putera tergolong kapal dengan kapasitas muatan yang besar.
“Kalau sebelum kapal ini, sudah ada dua kapal yang masuk di Pelabuhan Merak-Bakauheni. Jadi kalau tambah kapal ini, kapal di Merak ada sekitar 59 kapal yang punya izin operasi,” ungkapnya.
Sementara itu, Manajer Operasi PT Putera Master Sarana Penyeberangan (SP) Mulia, Abdul Mukti menyatakan, kapal baru KMP Nusa Putera menjadi kapal terbesar dari 6 kapal yang ada sebelumnya dan telah melayani pelabuhan di Merak. KMP Nusa Putera, kata Mukti, dapat menjadi satu kapal yang disiapkan untuk melayani pelabuhan Merak-Bakauheni.
“Sekarang dengan tambah Nusa Putera, kapal kami di SP Ferry jadi 7 armada kapal. Kami harap setelah uji sandar, kapal sudah bisa operasi sebelum hari Lebaran,” ungkapnya.
Mukti menambahkan, Nusa Putera menjadi bakal melengkapi kapal penyeberangan sebagai satu kapal raksasa dari kapal-kapal yang ada. Dengan kapasitas yang besar, dan failitas yang ada, kapal diprediksi mampu membantu mengatasi antrean penumpang saat Lebaran nanti.
“Kapasitas muatan 13.863 GT, muatan kendaraan campurannya mencapai 270 kendaraan. Kapal ini, merupakan kapal besar sama seperti Portlink, Rucitra, Rakata dan kapal besar lain,” ujarnya.(nal/bnn)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kapasitas 400 Pejalan Kaki, 270 Kendaraan Campuran, Kapal Buatan Perancis Siap untuk Lebaran"

Posting Komentar