Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Jamkrida Jadi Penjamin UMKM di Kabupaten Serang

Illustrasi Net
SERANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang sedang menjajaki kerjasama dengan PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Banten. Dalam penjajakan tersebut, Pemkab berencana menjadikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemprov Banten sebagai penjamin UMKM ketika mereka mengajukan pinjaman ke perbankan.
Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan, dengan peningkatan IPM sebagai program prioritas maka Pemkab terus mencari cara agar hal tersebut bisa direalisasikan. Salah satunya dengan meningkatkan daya beli masyarakat yang menjadi salah satu indikator IPM dengan menggairahkan UMKM.
“Salah satu indikator IPM itu daya beli tetapi di sini masih ada persoalan di UMKM yang tentu harus dicarikan solusinya,” ujarnya kepada wartawan usai mengadakan pertemuan dengan PT Jamkrida di Pendopo Bupati Serang, Rabu (11/5).
Ia menuturkan, untuk menuntaskan persoalan UMKM, dia pun mengundang PT Jamkrida untuk berkerjasama. PT Jamkrida akan disiapkan untuk menjadi penjamin ketika UMKM mengajukan pinjaman ke perbankan yang memang kerap meminta agunan.
“Saya memang sengaja mengundang Jamkrida agar permasalahan UMKM soal permodalan bisa terpecahkan. Ketika pinjam ke perbankan mereka selalu diminta agunan, saya ingin Jamkrida mem-back up-nya. Memang semangat Jamkrida ketika lahir adalah mem-back up UMKM di Banten,” katanya.
Dari hasil pertemuan, kata dia, baik Pemkab atau pun PT Jamkrida sudah menemui kesepakatan. Untuk tahap pertama pihaknya akan mencoba mengusulan lima UMKM unggulan untuk mengajukan pinjaman ke BPR Serang.
“Kami sudah sepakat dan akan dicoba lima UMKM unggulan yang diakses ke BPR Serang karena kami punya saham di sana,” ungkapnya.
Di tempat yang sama, Direktur PT Jamkrida, Hendra Indra Rahman membenarkan telah tercapai sebuah kesepakatan terkait rencana Pemkab yang menjadikan PT Jamkrida sebagai penjamin UMKM. Bahkan, pada akhir Mei pihaknya akan menyodorkan terkait teknis kerja sama tersebut.
“Intinya bagaimana caranya akses permodalan UMKM jadi lebih mudah. Kami akan coba satu skema yang ada unsur pemerintah daerah di situ, ada lembaga pembiayaannya, dan kami lembaga penjaminannya. Akhir bulan ini mudah-mudahan ada tindaklanjut terkait teknisnya seperti apa,” tuturnya.(ava/yul)
Sumber : Tangsel Pos

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jamkrida Jadi Penjamin UMKM di Kabupaten Serang"

Posting Komentar