Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Gile : Warga Asing Dijamin BPJS

Illustrasi net
SERANG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tak hanya menjamin Warga Negara Indonesia, tapi juga Warga Negara Asing (WNA). Dengan syarat WNA tersebut sudah menetap di Indonesia minimal 6 bulan.
Kepala BPJS Cabang Serang Diah Sofiawati menjelaskan, pada dasarnya persyaratan untuk memiliki kartu BPJS sama namun diberlakukan prosentase 4:1.
“Artinya WNA yang bekerja di Indonesia itu berkewajiban membayar iuran jaminan kesehatan sebanyak 4 persen dan sisanya yang 1 persen dari perusahaan. Sementara untuk persyaratan lainnya sama,” ujar Diah, Rabu (11/5).
Sementara terkait keluhan banyaknya warga yang dipungut biaya meskipun telah bergabung dengan BPJS, Diah menyarankan agar masyarakat teliti. Sebab jika melaksanakan prosedur sesuai haknya maka tidak akan dibebankan biaya.
“Proses pembayaran saat rawat di fasilitas kesehatan tahap lanjutan ini memang menjadi perhatian kami. Bagi peserta yang telah mengikuti prosedur dan memenuhi kewajibannya maka tidak dikenakan biaya tambahan lagi, baik di muka maupun setelah perawatan untuk haknya tersebut,” paparnya.
Hal tersebut, kata Diah, telah diatur juga dalam Permenkes No. 28 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan JKN, dalam Bab V mengenai Pendanaan. “Pada poin tujuh dijelaskan bahwa fasilitas kesehatan tidak diperbolehkan meminta biaya kepada peserta selama mendapatkan manfaat pelayanan kesehatan sesuai dengan haknya,” tegasnya.
Akan tetapi jika kasusnya pasien atau keluarga meminta pindah ruangan, artinya berbeda dengan Kelas yang tercantum dalam kartu, hal itulah yang akan dikenakan biaya.
“Jika di kartu bertuliskan Kelas 2 namun ingin dirawat di Kelas 1 secara otomatis biaya itu ditanggung pasien, BPJS tidak mengcover semuanya. Inilah yang sering menjadi miss di tengah masyarakat,” ujar dia.
Intinya, kata Diah, jika mengikuti prosedur masyarakat bisa merasakan manfaat JKN. Karena sesuai aturan Permenkes, warga hendaknya datang ke fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) baru kemudian ke fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL) jika dibutuhkan.
“Namun jika sifatnya emergency, seluruh FKTP dan FKRTL baik fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan atau belum bekerja sama, wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN,” tuturnya.
Fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan gawat darurat tersebut, ujar dia, tidak diperkenankan menarik biaya kepasa peserta. “Itu ada dalam aturan Permenkes,” tegas Diah.(yul)

Sumber : Tangsel Pos

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gile : Warga Asing Dijamin BPJS"

Posting Komentar