Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Buruh Demo di Tugu Adipura

Massa buruh dari GBSI menyampaikan aspirasinya di Tugu Adipura, Kota Tangerang.(BNN)
TANGERANG – Gerakan Serikat Buruh Indonesia (GBSI) Kota Tangerang, Minggu (15/5) menggelar aksi demonstrasi di Tugu Adipura, Tangerang. Dalam aksinya mereka menuntut agar Pemkot Tangerang memikirkan nasib kaum buruh.
Demontrasi yang berjalan tertib tersebut buruh menuntut agar Pemkot Tangerang menindaklanjuti keluhan mereka, antara lain adanya perubahan terhadap tanda daftar perusahaan (TDP) dan Kredit Likuiditas Bank Indonesia (KLBI) yang dilakukan manajemen PT Alam Kaca. Sebab PT Alam Kaca dinyatakan masuk dalam sektoral, sehingga membuat buruh merasa dirugikan.
Salah seorang koordinator buruh, Kokom Komalawati mengatakan, walaupun tahun 2012 diberlakukan kenaikan upah sektoral, tetapi pemerintah juga menyediakan aturan yang memudahkan pengusaha agar tidak menjalankan upah sektoral yaitu Permen 231 tentang Penangguhan Upah.
“PT Alam Kaca Prabawa, banyak para buruh kami yang dirugikan karena pihak pengusaha melakukan perubahan atas kegiatan pokok usaha yang secara otomatis berubah KBLI dan nomor TDP. Dimana yang tadinya industri kaca lembaran (berada di sektor 1), menjadi barang lainnya dari kaca yang menjadi tidak masuk ke dalam sektoral,” ungkapnya.
Dia menambahkan dalam hal ini Pemerintah Kota Tangerang dan Dinas Ketenagakerjaan harus bertindak tegas dalam menegur pemilik usaha. Menurutnya selain di PT Alam Kaca ada juga terdapat di PT Wira Paper yang dianggapnya mendapat keuntungan dari hasil pencurian energi listrik sedangkan buruhnya sekarang tidak mendapatkan upah juga kepastian atas status kerjanya.
Ketua Departemen Hukum dan Advokasi DPC GSBI Tangerang Yulianto menerangkan, penurunan upah juga terjadi di PT Panarub Industri, dari sektor II tahun ini menjadi sektor IV. Sedangkan harga sepatu Adidas tidak pernah ada penurunan.
“Pengawasan Disnaker seharusnya paling mengetahui atas kegiatan pokok produksi antara di izin dan praktiknya. Tetapi tidak ada pengawasan tegas dari Disnaker atas perbedaan ini, dan ini bukan kewenangan kami,” ungkap pria itu. Dia menambahkan, tidak ada pihak yang secara tegas menyatakan bahwa tanggung jawab dari departemennya yang mengeluarkan permohonan dari TDP. Dia menganggap adanya saling lempar antara BPPMPK Kota Tangerang dan BKPMPT Provinsi Banten.(mg5/bnn)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Buruh Demo di Tugu Adipura"

Posting Komentar