Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Bikin SIUP di Kota Tangerang, Cukup di Kecamatan Saja

TANGERANG – Pemerintah dituntut masyarakat meningkatkan kinerja dalam hal penyediaan pelayanan publik. Tentu saja tuntutan itu disadari betul oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang.
“Tuntutan masyarakat agar pemerintah meningkatkan kinerja tidak bisa dibendung dan itu seyogyanya disikapi secara positif oleh pemerintah dengan cara meresponnya secara aktif,” kata Walikota Arief R Wismansyah dalam acara launching Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kantor Kecamatan Karawaci, Jalan Proklamasi Nomor 9, Kelurahan Cimone, Kamis (12/05).
Menurut Walikota, sebagai bentuk jawaban pemerintah terhadap tuntutan perbaikan kualitas pelayanan public, khususnya di pelayanan yang bersifat administrative, diperlukan peran yang optimal dari kecamatan maupun kelurahan.
“Kecamatan dan keurahan itu garda terdepan pelayanan ke masyarakat, sehingga prinsip-prinsip pelayanan yang semakin dekat dengan masyarakat harus semakin efektif dan efisien,” ujarnya.
Pemkot Pemkot Tangerang diakui Walikota sangat pro aktif dalam mendukung debirokratisasi pelayanan publik dengan melakukan persiapan teknis, subtanstif dan administrative, yakni dengan cara menyiapkan 13 kecamatan untuk menyelenggarakan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN).
PATEN menurut Walikota sudah dimulai pada tahun 2014. Saat itu Pemkot telah mulai membangun sarana prasarana untuk menunjang pelaksanaan kegiatan tersebut. Hal itu kemudian diikuti dengan membuat sistem informasi PATEN yang berguna untuk penyusunan aturan pelimpahan kewenangan Walikota kepada Camat.
Dijelaskannya, dengan adanya sistem informasi PATEN tersebut Pemkot telah membuka akses masyarakat seluas-luasnya dalam berpartisipasi secara aktif dalam penyelenggaraan pelayanan public. Hal itu demi kepuasaan, kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat sebagai customer pemerintahan.
“Pola desentralisasi menjawab kebutuhan pelayanan yang berkualitas, sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang jau-jauh ke pusat pemerintahan. Sebab bisa dilayani di tiap kecamatan, dengan berkoordinasi dengan pihak kelurahan. Tujuannya agar pelayanan lebih cepat dan lebih baik,” paparnya.
Terkait hal itu Walikota meminta kepada seluruh aparat di Kota Tangerang agar bisa menjawab tantangan tersebut dengan membekali diri dengan pengetahuan dan kemampuan yang mumpuni.
Diinformasikan, dengan dilaunchingnya PATEN ini, maka pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) dilaksanakan oleh kecamatan, termasuk pelayanan perizinan seperti Izin Usaha Satu Pendidikan Dasar (IUSPD), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Skala Mikro, Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk bangunan sampai dengan 70 meter persegi.(bud)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bikin SIUP di Kota Tangerang, Cukup di Kecamatan Saja"

Posting Komentar