Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Benarkah Syariat Islam Dimulai Dari Diri Sendiri, Keluarga Dan Masyarakat, Baru Negara

NU Tempo Dulu, Tempo Terbaik
Ada pemahaman kelompok ataupun pemahaman banyak orang, yang intinya untuk mewujudkan negara Islam ataupun Khilafah yg bertujuan untuk mengimplementasikan sistim dan syariat Islam dimulai dari DIRI PRIBADI DAHULU, lalu KELUARGA dan kemudian MASYARAKAT, barulah setelah itu NEGARA. 

Betulkah statement ataupun tartib perjuangan Islam seperti itu? 

Saya katakan ini tidak ada relevansinya, bahkan tidak pernah terjadi dibelahan dunia manapun didalam ideologi apapun, membangun negara itu dimulai dari individu dan keluarga. Akan tetapi yang benar adalah NEGARA DAHULU baru aturan2 yg menjadikan masyarakat menjadi baik. Bukan masyarakat menjadi baik dulu, baru NEGARA.

Sebagai fakta, Islam tidak memiliki NEGARA yg menerapkan syariat Islam sudah lebih dari 90 tahun. Didalam rentang waktu yg lama itu hampir seabad umat Islam mencoba memperbaiki diri dan keluarganya , tidak mungkin mereka tidak memperbaiki DIRI, rumah tangga dan masyarakatnya. Lalu apa hasilnya? Adakah semakin hari semakin baik nasib umat ini?

Jawablah dengan jujur...

Kita lihat wilayah Indonesia, banyak orang bernostalgia bahwa katanya zaman Orla lebih baik dari zaman Orba. Zaman Orba jauh lebih baik dari zaman reformasi , dan zaman jokowi ini zaman sebrengsek-brengseknya zaman. Ntah setelah ini......?!?!

Begitu juga kita bisa lihat dibelahan dunia Islam lainnya, apakah umat ini tambah baik? Semoga fakta ini menyadarkan kita.

Sebaliknya metode Nabi yg namanya masyarakat baik itu justru ada setelah Yatsrib (Madinah) berubah menjadi negara. Negara dulu baru jihad, hudud, ekonomi, dan berbagai inplementasi syariat lainnya.

Ustadz Felix Siauw membuat analogi yg sangat bagus dan relevan dengan memulai dengan pertanyaan:

Apakah baik dan rapihnya shof pada saat kita mau sholat dimulai, harus menunggu hingga orang2 merapihkan shof dan kumpulnya orang dahulu? atau panggilan azan dan qomat dahulu baru merapihkan shof?

Yah, itulah negara Madinah pun seperti itu. Negara terlebih dahulu, baru setelah itu ada aturan2 harammya khomr, wajibnya jihad pembagian harta serta baitul mal dll yg kemudian masyarakat yg "plural" menjadi baik.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benarkah Syariat Islam Dimulai Dari Diri Sendiri, Keluarga Dan Masyarakat, Baru Negara"

Posting Komentar