Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

70 Operator Kelurahan dan Kecamatan Dilatih, Disdukcapil Tangsel Beri Pelatihan Operator Program SIAK

SERPONG – Dalam rangka meningkatkan pelayanan di bidang administrasi kependudukan dan catatan sipil, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Pelatihan Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK) kepada Petugas Operator di kelurahan dan kecamatan seluruh Tangsel.
Pelatihan yang melibatkan 70 peserta yang berasal dari 54 kelurahan, 7 kecamatan dan petugas Disdukcapil ini digelar di Resto Telaga Seafood, Serpong, Tangsel
Kepala Seksi Pengolahan Data dan Jaringan Komunikasi pada Disdukcapil Tangsel, Dian Nugraha, kegiatan ini untuk meningkatkan profesionalisme peran tugas operator dalam menjalankan program SIAK. Khususnya untuk pelayanan publik dalam bidang administrasi penduduk dan catatan sipil.
“Program SIAK ini memang sudah sering digunakan oleh mereka sebagai operator untuk mencetak akta, akta kematian, dan lainnya. Namun, program SIAK kini memiliki versi terbaru yakni versi 5.7. Kita memperkenalkan program terbaru ini kepada operator agar mereka bisa mengoperasikannya,” ungkapnya.
Dimana program ini memiliki kelebihan dibandingkan program versi sebelumnya, yakni bisa mencetak Kartu Identitas Anak (KIA). KIA ini akan mulai dicetak pada 2017, jadi harus sudah mulai disosialisasikan kepada operator mulai dari sekarang.
“Agar nantinya mereka bisa mencetak KIA dan tahu apa saja cara dan persyaratannya. Dalam pelatihan ini, secara langsung diberikan oleh pakarnya program SIAK dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri, yakni Garmaya, Seno, dan Eko,”jelasnya.
Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Ernawati kegiatan ini diberikan selama satu hari. “Sebetulnya mereka sudah biasa dan handal dalam menjalankan program ini, tinggal bagaimana mengoperasikannya yang terbaru,” paparnya.
Menurut Erna, nantinya masyarakat bisa mengumpulkan persyaratan dalam pembuatan KIA. Sama halnya dengan pembuatan akta kelahiran, mereka membawa kelengkapan seperti Kartu Keluarga, KTP El kedua orangtua, akta lahir, surat keterngan rumah sakit, dan lainnya.
Masih dilokasi yang sama, Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Toto Sudarto berharap kegiatan ini bisa memberi pengetahuan untuk para operator di kelurahan dan kecamatan.
“Dengan pengetahuan yang didapatkan, mereka akan dengan mudah menjalankan programnya. Sehingga pada akhirnya dapat memberikan pelayanan dengan baik kepada masyarakat,” pungkasnya.(irm)

Sumber : http://tangselpos.co.id/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "70 Operator Kelurahan dan Kecamatan Dilatih, Disdukcapil Tangsel Beri Pelatihan Operator Program SIAK"

Posting Komentar