Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

24 Ribu Kouta Mudik Gratis, Disiapkan Pemerintah Untuk Warga Tangsel

Lebaran merupakan salah satu fenomena yang unik di mana masyarakat berbondong-bondong untuk pulang ke kampung secara bersamaan dengan menggunakan berbagai moda transportasi.
Peristiwa rutin tahunan ini berpotensi besar menimbulkan terjadinya kemacetan atau kecelakaan lalu lintas yang berakibat timbulnya korban jiwa. Maka dari itu perlu dilakukan pengawasan agar kegiatan ini bisa berjalan dengan tertib, disiplin dan diharapkan bisa menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas.
Berdasarkan Instruksi Presiden No.3 Tahun 2004 Tentang Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu, Menteri Perhubungan sebagai koordinator penyelenggaraan angkutan lebaran mengambil langkah-langkah dan kebijakan pengaturan agar penyelenggaraan angkutan lebaran dapat berjalan dengan baik.
Salah satu program untuk menekan angka kecelakaan pemudik khususnya pengguna sepeda motor, maka Pemerintah telah menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor dan beralih menggunakan transportasi umum.
Untuk itu, Kementerian Perhubungan kembali menyelenggarakan angkutan mudik motor gratis bagi sepeda motor pada masa angkutan lebaran 2016 ini dengan bus, yang telah dilaunching pada Selasa, 10 Mei 2016 lalu.
Dengan dilaunchingnya kegiatan mudik gratis, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tangerang Selatan membuka pendaftaran di Kantor Dishubkominfo Tangsel yang berlokasi di Serpong pada Senin, 16 Mei 2016 hingga 12 Juni 2016 mendatang.
Selain di kantor, Dishubkominfo juga membuka pendaftaran mobile yang berlokasi di Pasar Serpong, Kantor Kecamatan Pamulang, Kantor Kecamatan Pondok Aren, dan Kawasan Pergudangan Taman Tekno 2, serta Stasiun Sudimara. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Angkutan Dishubkominfo Tangsel Wijaya Kusuma.
“Kuota mudik gratis yang disiapkan kementerian sebanyak 12 ribu sepeda motor, dengan 24 ribu peserta mudik, dengan menyiapkan 240 truk pengangkut sepeda motor, dan 533 bus yang digunakan,” ungkap Wijaya.
Dia mengatakan, ada 9 tujuan mudik yang disiapkan oleh Kementerian dengan jumlah kuota yang disiapkan yaitu tujuan Tegal dengan jumlah penumpang sebanyak 1482, sepeda motor 741, bus 33 dan truk 15, Kabumen dengan 1680 penumpang, 840 sepeda motor, 37 bus dan 17 truk, Purwokerto sebanyak 1680 penumpang, 840 motor, 37 bus dan 17 truk.
Yogyakarta sebanyak 1878 penumpang, 939 motor, 42 bus, dan 19 truk, Solo sebanyak 2767 penumpang, 1384 motor, 61 bus, dan 28 truk, Wonogiri sebanyak 1680 penumpang, 840 motor, 37 bus, dan 17 truk, Wonosobo sebanyak 1384 penumpang, 692 motor, 31 bus dan 14 truk, Magelang sebanyak 1482 penumpang dengan motor sebanyak 741, bus 33 dan truk sebanyak 15, Semarang sebanyak 2767, motor sebanyak 1384, bus 61 dan truk sebanyak 28.
Dengan total keseluruhan penumpang sebanyak 16.800 dan kendaraan motor 8400, bus 373 dan truk 168. Rencananya untuk pemudik akan diberangkatkan pada 1 Juli 2016 mendatang.
Sedangkan arus balik dengan tujuan Yogyakarta sebanyak 2160 penumpang, Solo 2880 penumpang, Semarang dengan total 2160 sehingga keseluruan penumpang mencapai 24 ribu.
Bagi masyarakat Tangsel, yang ingin mengikuti program mudik gratis ini, dapat melakukan pendaftaran secara online dari mulai 10 Mei hingga 12 Juni 2016, untuk verifikasi online dari 16 Mei hingga 15 Juni 2016. Untuk pendaftaran offline berakhir hingga 12 juni 2016.
Untuk mendaftar secara online, dapat mengunjungi laman mudikgratis.dephub.go.id. Kemudian peserta bisa langsung mengisi data diri dalam kolom pendaftaran.
Di dalamnya peserta harus menginput data mulai dari nama, moda transportasi, jumlah penumpang, tanggal mudik, tanggal lahir, jenis kelamin, Nomor KTP, nomor SIM, plat kendaraan, alamat, nomor ponsel, hingga nomor kartu keluarga.
“Selain online, masyarakat pun bisa datang langsung di pelayanan mobile Dishubkominfo, seperti pasar serpong, kecamatan Pamulang, Pondok Aren, Pergudangan Tekno 2, Stasiun Sudimara, dan mereka bisa langsung menunjukan KTP, STNK, KK, dan SIM,”jelasnya.
Mudik gratis ini, sudah ke empat kalinya dilakukan di Tangsel melalui Kementerian Perhubungan. “Alhamdulillah Tangsel dapat keempat kalinya untuk program ini, program mudik gratis sangat membantu masyarakat tangsel yang ingin mudik ke kampung halaman,” pungkasnya.
Sejak dibukanya pada Senin, 16 Mei 2016 ini terpantau sudah 20 warga yang mendaftar. Meski baru satu hari, namun warga sangat antusias dapat mengikuti program ini.
Puluhan orang bahkan ibu-ibu mengajak anak untuk mendaftarkan mudik gratis yang dibiayai dengan anggaran APBN, Pendaftaran dilayani di Kantor Dishubkominfo oleh tim dari mudik gratis Kementerian Perhubungan.
“Tahun lalu, saya juga sudah mengikuti mudik gratis, dan tahun  ini merupakan tahun kedua saya bersama istri dan ketiga anak saya,” ungkap Yanto (42) warga Buaran, Serpong.
Yanto yang ingin mudik ke Solo mengatakan, pelayanan mudik gratis yang dibuka Dishubkominfo sangat baik bahkan para pemudik dijamin makannya saat mudik berlangsung.
“Nyaman dan enak, Kita disiapin makan, untuk buka puasa, dan sampai tujuan pun dikasih makan, serta motor kita datang dalam keadaan seperti semula, tidak ada yang rusak,” jelasnya.
Lanjutnya, mudik gratis ini sangat membantu masyarakat yang kurang mampu. “Kalau kita mudik gunakan bus, sekarang harga tiket bus sudah Rp 300 ribu, kalau bawa 3 orang anak dan 1 istri sudah berapa, kalau inikan gratis, asal kita bisa melengkapi persyarataan yang diminta oleh Kementerian dan Dishub,” ungkapnya.
sumber: www.tangerangselatankota.go.id,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "24 Ribu Kouta Mudik Gratis, Disiapkan Pemerintah Untuk Warga Tangsel"

Posting Komentar