Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Tokoh Masyarakat Ingatkan Dana Kelurahan Bisa jadi Bumerang

PAMULANG – Wacana Pemkot Tangsel mengelontorkan dana kepada kelurahan mendapatkan dukungan penuh dari tokoh Tangsel. Kebijakan ini, bagian dari peningkatan kualitas perangkat kelurahan.
Tokoh masyarakat (Tokmas), Tangsel Rasyud Syakir menyampaikan dukungan kepada pemerintah Kota Tangsel soal wacana pemberian dana langsung kepada kelurahan.
“Tentunya ini langkah yang sangat tepat dilakukan pemkot karena mengindikasikan akan memberikan peningkatan kualitas kelurahan,” katanya.
Tidak dapat dipungkiri selama ini kelurahan masih ada ketergantungan dengan kecamatan dari semua aspek, baik gaji staf dan semua kegiatan dan perlengkapan alat tulis dan pembayaran listrik serta telpon.
“Ini juga mengajarkan bagaimana SDM kelurahan mampu memiliki banyak keahlian, misalkan dalam penggunaan keuangan dan lain-lain,” tambahnya.
Ia pun mengingatkan agar Pemkot juga memperhitungkan SDM yang ada. Apakah kelurahan sudah mampu atau belum?Oleh karenanya perlu dibekali dengan pelatihan secara komprehensif. “Tentunya dalam mewacanakan ini mereka harus melihat kondisi di lapangan bagaimana. kesiapan SDM sangat penting, dibekali ilmu yang lengkap bagaimana cara penggunaan dan pelaporan,” pesannya.
Selain itu diperlukan payung hukum, karena krusial sekali dalam penyertaan dana ini. Jangan sampai terjadi banyak penyaluran dana, tapi tidak ada landasan hukum dan berujung temuan. “Jangan sampai menjadi bumerang pada kemudian hari meskipun tujuannya baik, tapi kalau tidak berkaca dengan aturan dan ketentuan yang tepat akan membahayakan,” ingatnya.
Lurah Buaran Serpong Ali Hidayat mengatakan harus ada payung hukum yang jelas supaya tidak mengkhawatirkan bagi pengguna anggaran nanti. “Kami menyambut baik wacana itu semoga terwujud. Tapi juga harus diberikan pembekalan terlebih dahulu serta payung hukum supaya kita semua juga tidak kesulitan nanti,” harap Ali.
Ali mengungkapkan, pihaknya hingga sampai saat belum mendapatkan informasi terkait wacana tersebut.
Sebelumnya, Kepala Bappeda Tangsel, Teddy Meiyadi menjelaskan langkah awal di tahun ini akan memberikan pengantar bagi para lurah dan sekretaris kelurahan serta staf tentang pengelolaan keuangan. Dengan harapan mereka memiliki kecakapan tentang pengguaan uang.
“Ke depannya di tahun 2017 Pemkot Tangsel akan mengucurkan dana untuk kelurahan sebagai dana operasional, maka di tahun ini baru diberikan pelatihan supaya mereka mahir soal keuangan,” katanya.(din)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tokoh Masyarakat Ingatkan Dana Kelurahan Bisa jadi Bumerang"

Posting Komentar