Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Redam Potensi Konflik Dengan Kerukunan Beragama

TIGARAKSA – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kabupaten Tangerang meminta kepada masyarakat menjaga kerukunan antar umat beragama. Sejauh ini, harmonisasi antar umat beragama di Kabupaten Tangerang sudah cukup baik.
“Kebersamaan antar umat beragama sangat penting. Alhamdulillah di Kabupaten Tangerang sampai saat ini belum ada bentrokan-bentrokan yang mengganggu kerukunan antar umat beragama” kata Kasubag TU Kanwil Kemenag Kabupaten Tangerang Asep Maman, Rabu (27/4).
Asep menjelaskan, salah-satu hal rawan terjadinya gesekan masyarakat beragama adalah belum tahunya masyarakat tentang Peraturan Bersama Menteri yang mengatur tentang Tata Cara Pendirian Rumah Ibadah.
Untuk itu, kata Asep, Peraturan Bersama Menteri itu harus selalu disosialisasikan untuk menghindari potensi konflik antar umat beragama.
“Karena belum sampainya ke masyarakat tentang Peraturan Bersama Menteri Nomor 8 dan 9 tahun 2006 tentang Tata Cara Pendirian Rumah Ibadah, kalau memang belum sampai kepada masyarakat ini perlu kita sosialisasikan, agar masyarakat paham prosedur pendirian rumah ibadah, sehingga tidak terjadi gesekan di masyarakat ketika ada yang mendirikan rumah ibadah,” paparnya.
Menurut Asep, konsep kerukunan umat beragama dibagi ke dalam tiga kategori.
“Ada tiga kategori kerukunan, yang pertama kerukunan intern antar umat beragama atau dalam satu agama yang kedua kerukunan ektern antar umat beragama dan yang ketiga kerukunan umat beragama dengan pemerintah” katanya.
Asep berharap, ke depannya Kabupaten Tangerang bisa menjadi contoh yang baik dalam hal kerukunan umat beragama. Ia juga berharap agar kualitas kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Tangerang semakin baik lagi.
“Harapannya ke depannya Kabupaten Tangerang bisa menjadi contoh untuk kerukunan antar umat beragama. Agar kualitas kerukunan antar umat beragama semakin baik lagi,” tandasnya.(bud)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Redam Potensi Konflik Dengan Kerukunan Beragama"

Posting Komentar