Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

May Day Dikawal 1.700 Aparat Gabungan

SERANG – Perayaan Hari Buruh se-Dunia atau May Day di Provinsi Banten akan dikawal ketat oleh 1.700 aparat gabungan dari Polri, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), TNI dan Satpol PP.
Para aparat tersebut akan diterjunkan di beberapa titik keramaian dan potensial terjadi aksi buruh. Seperti di Alun-alun Serang, Kantor Walikota Cilegon, kawasan Modern Cikande.
“Dari Polri sebanyak 1.300 personel, Satpol PP dan Dishubkominfo sebanyak 400 personel. Sedangkan TNI pun membantu melakukan pengamanan dalam perayaan Mei Day 2016 ini. Seperti kita ketahui, peringatan Hari Buruh Internasional merupakan agenda rutin tahunan yang identik dengan kegiatan unjuk rasa buruh,” ungkap Kapolda Banten Brigjend Polisi A Dofiri, usai menggelar apel pengamanan May Day di lapangan Mapolda Banten, Jumat (29/4).
Berdasarkan informasi yang diterima pihaknya, kata Kapolda, May Day di Provinsi Banten akan diisi dengan beberapa kegiatan positif seperti pengobatan gratis, donor darah, futsal, pembuatan SIM, dan gerak jalan.
“Kendati demikian, kami sebagai petugas yang memiliki kewajiban menjaga keamanan dan ketertiban tetap akan menyiapkan pasukan,” ujar dia seraya menyebutkan tema May Day tahun ini adalah ‘Produktivitas Tanpa Narkoba’.
Adapun buruh yang akan melakukan aksi, lanjut Kapolda, sebanyak 9 ribu jiwa yang nantinya akan konsentrasi di masing-masing kabupaten/kota. Artinya tidak ada pemusatan masa dalam aksi tersebut.
“Kegiatan massa buruh yang dilakukan dalam skala besar dan dalam waktu yang sama, tentunya memiliki potensi untuk terjadinya tindakan-tindakan anarkis, yang dapat berimbas terhadap berbagai permasalahan terkait stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat, serta keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di Provinsi Banten,” ujarnya.
Dofiri juga mengaku akan mengantisipasi aksi penyisiran buruh ke beberapa lokasi industri. Selain itu, aparat juga akan ditempatkan di gerbang pintu tol Serang Timur, Ciujung dan Serang Barat. Semua kita siapkan antisipasi, semoga tidak terjadi sweeping,” harapnya.
Ia mengimbau kepada para buruh, untuk tidak menggunakan jalan tol bagi pengguna kendaraan roda untuk melakukan mobilisasi masa. Alasannya, hal itu untuk menjaga keselamatan para buruh dan pengguna jalan lainnya.
“Selain itu saya juga mengimbau kepada para buruh, untuk tertib di jalan pada saat melakukan mobilisasi massa. Hal itu untuk menjaga keamanan dan ketertiban pengguna jalan lainnya,” tegasnya.
Danrem 064/MY Kolonel Inf Wirana Prasetya Budi mengatakan, TNI akan mengerahkan sebanyak 270 personel, untuk membantu tim gabungan dalam melakukan pengamanan peringatan Mei Day 2016.
“Kami sudah melakukan pertemuan dengan pengurus serikat buruh, bahwa peringatan hari buruh 2016 ini tidak dilakukan dengan cara melakukan demonstrasi. Pasukan pun dinyatakan siaga I,” katanya.
Sementara itu, Sekda Banten Ranta Soeharta mengatakan, pihaknya percaya bahwa perayaan May Day 1 Mei mendatang di Provinsi Banten berjalan aman dan damai. “Kita percayakan kepada Polda Banten untuk mengamankan May Day,” ujarnya singkat.(yul)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " May Day Dikawal 1.700 Aparat Gabungan"

Posting Komentar