Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

BUMD Sedot Sungai Cisadane dan Kali Angke

PAMULANG – Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, PT Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PITS) bakal memanfaatkan Sungai Cisadane dan Kali Angke. Saat ini Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu sedang mengajukan Surat Izin Penggunaan Air (SIPA) ke Kementerian.
Direktur PT PITS, Andi Alaudin Huduri mengatakan jika sudah dapat izin dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat soal SIPA tersebut, maka pihaknya langsung membentuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).
“Jangan sampai SIPA dimiliki pihak swasta. Kalau dimiliki mereka kita tidak bisa memanfaatkan malah kita akan beli kepada mereka yang punya izin. Ke depannya akan dikembangkan oleh BUMD dengan membentuk perusahaan PT Banyu Tirta Tangsel,” bebernya.
BUMD sendiri sudah menyelesaikan Feasibility Study (FS) titik pengambilan air di dua tempat itu. Satu di kawasan Keranggan, Kecamatan Setu dari aliran Sungai Cisadane untuk kapasitas 500 liter per detik dan satu lagi di Kali angke di kawasan Pondok Aren dengan kapasitas 200 liter per detik.
Lahan yang dibutuhkan untuk satu titik dengan air berkapasitas 500 liter per detik mencapai 2 hektar. Sedangkan untuk 200 liter per detik lebih kurang 1 hektar. Pangsa pasar untuk penggunaan air bersih ada 90 ribu pelanggan mencakup Ciputat, Pamulang, Pondok Aren, dan Setu.
“Pasar sangat luas di Tangsel. Di empat kecamatan. Ada juga kawasan perniagaan yang sangat pesat di Tangsel menjadi sasaran kami,” tambahnya.
Tahap selanjutnya harus dibuat Detail Engineering Design (DED). Namun untuk membuatnya harus ada persetujuan terlebih dahulu oleh Pemkot Tangsel. Jika sudah dibuat DED, maka baru akan ditenderkan dalam pemasangan instalasi alat hingga pipa.
Sebelumnya, menurut Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengungkapkan keberhasilan pembangunan sudah mencapai 98 persen telah terpenuhi dalam kurun waktu lima tahun. Hanya beberapa hal yang belum tercapai yakni, penyediaan air bersih mengingat Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) belum dibentuk dan masih dalam pembahasan.(din)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BUMD Sedot Sungai Cisadane dan Kali Angke"

Posting Komentar