Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Airin Minta Satpol PP Genjot Kinerja

SERPONG – Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany meminta anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) terus meningkatkan kinerjanya. Pasalnya, beberapa tugas belum dapat dilaksanakan dengan baik oleh petugas penegak Perda itu.
Hal tersebut diungkapkan Airin selepas peringatan Hari Ulangt Tahun (HUT) Satpol PP ke-66 di Lapangan Cilenggang, Kecamatan Serpong, kemarin pagi. Ia mengaku keberadaan institusi Satpol PP merupakan salah satu potensi sumber daya aparatur yang sangat penting dalam pemerintah daerah.
“Pada era keterbukaan informasi ini, masyarakat dapat de‎ngan mudah mengakses berbagi informasi serta dapat bandingkan kualitas pelayanan yang dilakukan oleh aparatur pemerintah. Apabila layanan yang diberikan tidak maksimal, maka secara real time dapat terpublikasikan melalui komunikasi sosial online,” katanya.
Airin menekankan bahwa Satpol PP rentan dengan gesekan kepentingan dan konflik. Hal itu karena kinerjanya yang harus berhubungan langsung dengan masyarakat. Sehingga tidak mungkin wibawa pemerintahan akan tetap terbangun apabia aparatur penegak regulasinya tidak berkompeten.‎
Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 69 Tahun 2012 tentang Perubahan Atas Permendagri Nomor 62 Tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Pemerintahan Dalam Negeri di kabupaten/kota telah diimplementasikan dalam kurun waktu empat tahun terakhir.
Airin menambahkan sebagian besar daerah belum‎ dapat memenuhi target. Contohnya, pada pelaksanaan patroli yang harus dilaksanakan oleh Satpol PP belum optimal. Alasannya terkendala kebutuhan sarana dan prasarana.
“Untuk dapat memenuhi harapan masyarakat maka perlu adanya pola sikap dan pola tindak yang harus dimiliki oleh Polisi Pamong Praja,” ungkapnya.
Airin yang bertindak memimpin upacara sekaligus memaparkan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo. Dalam sambutan tertulis, Mendagri mengucapkan selamat atas HUT Satpol PP dan Satlinmas.
“Selamat ulang tahun, dan diharapkan sikap perilaku dan sumber daya manusia Satpol PP harus ditingkatkan,” katanya.
Mendagri juga mengimbau agar kepala daerah mempertimbangkan kompetensi dan keilmuwan. Selain itu diperlukan menerapkan salam, sapa dan senyum (3S) dalam melayani masyarakat untuk mewujudkan Satpol PP dan Satlinmas yang humanis, berwibawa, disiplin, dan tegas.
“Mewujudkan sikap humanis, berwibawa, disiplin dan tegas harus diterapkan dalam pelayanannya kepada masyarakat dengan salam, sapa dan senyum,” papar Airin membacakan sambutan Mendagri.
Kepala Satpol PP, Azhar Syamun mengatakan dalam memperingati HUT Satpol PP dan Satlinmas kali ini, pihaknya juga melaksanakan serangkaian acara di antaranya sunatan massal dan donor darah.
Dalam acara HUT itu, Azhar juga menambahkan evaluasi terhadap kinerja Satpol PP harus ditingkatkan terutama dalam hal penertiban yang secara nyata sarat akan konflik terhadap masyarakat. “Sesuai apa yang dikatakan Mendagri, dalam menjalankan kinerja lebih mengedepankan sikap ramah dan preventif dalam bertugas menegakan Perda,” terangnya.
Serangkaian kegiatan untuk memperingati HUT Satpol PP ke-66 ke-54 Satuan Satlinmas) itu dimeriahkan penampilan Marching Band Taruna IPDN dan simulasi penanganan unjuk rasa, dilanjutkan kegiatan sosial.
Sayangnya, pelaksanaan HUT yang dimulai pukul 08.00 hingga pukul 10.00 WIB itu tak begitu mulus. Pada saat Airin menjadi inspektur upacara, seorang pegawai Satpol PP yang berdiri tepat di samping kanan Airin, jatuh pingsan. Ia akhirnya dipapah oleh teman-teman yang posisinya berada di belakangnya.(irm)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Airin Minta Satpol PP Genjot Kinerja"

Posting Komentar