Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Kabar Gembira, Idealnya, Penurunan BI Rate Diikuti Penurunan Suku Bunga LPS

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan atau BI Rate menjadi 7 persen. Lalu, bagaimana dengan suku bunga Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) atau LPS Rate? 

Kepala Ekonom PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Ryan Kiryanto menyatakan, penurunan BI Rate sebesar 25 basis poin tersebut sebaiknya diikuti oleh penurunan LPS Rate. 

Dia menuturkan, harapan penurunan LPS Rate ini bukan tanpa sebab. Menurut dia, penurunan LPS Rate dapat mendorong arah suku bunga kredit menuju single digit sesuai dengan harapan pemerintah. 

"Alhasil, perbankan akan lebih agresif ekspansi kredit untuk mendorong pertumbuhan ekonomi," kata Ryan ketika dihubungiKompas.com, Minggu (20/3/2016).

Bebearapa waktu lalu, LPS telah melakukan evaluasi tingkat bunga penjaminan untuk simpanan dalam rupiah dan valuta asing (valas) di Bank Umum serta untuk simpanan dalam rupiah di Bank Perkreditan Rakyat (BPR). 

Tingkat Bunga Penjaminan untuk periode 15 Januari 2016 sampai dengan 14 Mei 2016 tidak mengalami perubahan. Perinciannya adalah untuk bank umum dalam rupiah mencapai 7,5 persen dan dalam valas mencapai 1,25 persen. 

Adapun untuk BPR dalam rupiah adalah 10 persen. Menurut LPS, apabila suku bunga simpanan yang diperjanjikan antara bank dengan nasabah penyimpan melebihi Tingkat Bunga Penjaminan simpanan, maka simpanan nasabah dimaksud menjadi tidak dijamin. 

Bank diharuskan memberitahukan kepada nasabah penyimpan mengenai Tingkat Bunga Penjaminan simpanan yang berlaku dengan menempatkan informasi dimaksud pada tempat yang mudah diketahui oleh nasabah penyimpan.
Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan
Editor: Aprillia Ika

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kabar Gembira, Idealnya, Penurunan BI Rate Diikuti Penurunan Suku Bunga LPS"

Posting Komentar