Breaking News

Loading...

Biro Iklan Lokal Tangerang Selatan

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah & Haji Plus
Memberangkatkan Umroh, Haji Plus, Bersama Sahabat SBL Telp. 0859 6661 4393

Pasang IKlan Disini

Begini Cara RPSA Bambu Apus Sembuhkan Trauma Anak Korban Eksploitasi

Jakarta - Tiga anak korban eksploitasi yang diungkap jajaran Polres Jakarta Selatan kini berada di Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA) Bambu Apus, Jakarta Timur. TIM RPSA memiliki serangkaian tahapan agar anak siap dikembalikan ke keluarga dengan tujuan tidak kembali lagi ke jalanan.

Tiga anak itu masing-masing adalah R (7), W (5), dan I atau B yang merupakan bayi berusia 6 bulan. Mereka akan diberikan assessment-assesment oleh tim yang dimiliki RPSA.

Kepala RPSA Bambu Apus, Jakarta Timur, Neneng Heryani menjelaskan, langkah pertama yang diberikan ke para anak adalah pemeriksaan dan perawatan kesehatan. Selain Tim medis yang ada di RPSA, anak juga dirujuk ke rumah sakit jika membutuhkan perawatan lebih lanjut.

"Sekarang proses untuk assesment mereka dulu, oleh psikolog, kita tim assesment ada psikolog, sosial worker, ada tenaga medisnya, perawat, dokter, pendidik juga, itu kepala sekolah, kita kan ada sekolah di sini," kata Neneng di RPSA Bambu Apus, Jakarta Timur, Minggu (27/3/2016).

Neneng mengatakan, pembelajaran dan pandangan-pandangan hidup juga diberikan ke anak. Seperti seorang anak harus mengenyam pendidikan, mesti mendapatkan asuhan yang baik, hingga pemahaman bagaimana orangtua yang baik juga diberikan.

"Bahwa orangtua yang baik itu begini begini, diberikan pandangan. Anak-anak agak susah juga kan, nggak cukup sekali, bisa berminggu-minggu ini," ujar Neneng yang belum dapat memastikan berapa lama anak-anak itu akan berada di RPSA.

Neneng menjelaskan, tim assesment juga melakukan proses trauma healing. Setelah trauma anak-anak itu sudah terkondisikan atau pulih, pihaknya akan mencoba melakukan penelusuran kepada keluarga terdekat.

"Yang betul-betul untuk mengasuh mereka, jadi jangan sampai balik lagi ke orangtua yang mengeksploitasi mereka," ujarnya.

"Orangtuanya kan masih diproses ya, apakah nanti orangtua mereka boleh menerima lagi atau tidak, kita akan kordinasi dengan polisi," sambungnya. 
(idh/Hbb)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Begini Cara RPSA Bambu Apus Sembuhkan Trauma Anak Korban Eksploitasi"

Posting Komentar